STAIMAFA Inisiasi KKN Pemberdayaan Warga

PATI— Sekolah Tinggi Agama Islam Mathali’ul Falah (Staimafa) menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) berbasis pemberdayaan warga, atau program Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga). Agenda pelepasan KKN Posdaya Staimafa ini, diselenggarakan pada Senin (16/03/2015) di Gedung Haji Kecamatan Gabus, Pati. Dalam agenda ini, hadir Camat Gabus beserta jajaran dan Ketua Staimafa beserta dosen. 
Dalam agenda KKN ini, mahasiswa Staimafa yang terlibat sebanyak 136 orang, terbagi dalam 15 kelompok. Konsep KKN pemberdayaan yang digagas Staimafa ini, berusaha meninggalkan pola lama yakni pembangunan infrastruktur, akan tetapi berusaha memberdayakan warga di kawasan Gabus.
Ketua Staimafa, H. Abdul Ghoffar Rozien, M.Ed mengungkapkan bahwa agenda KKN Posdaya pada 2015 ini, berusaha berkontribusi untuk pengembangan sumberdaya warga Pati. “KKN Posdaya Staimafa kali ini, tidak dalam rangka membangun infrastruktur seperti yang selama ini terjadi dalam penyelengaraan KKN. Akan tetapi, kami berusaha memberikan tools (alat) untuk pemberdayaan warga di kawasan Pati selatan,” terang Rozien.
Selain itu, Rozien menambahkan bahwa sudah saatnya mahasiswa menjadi pelopor dalam program pemberdayaan. Karena, memberdayakan warga dengan memberi sentuhan mental dan bersama-sama menemukan alat untuk transformasi warga, tentu akan memberi manfaat yang lebih besar.
Camat Kecamatan Gabus, Dra. Niken Savitri, MM, mengungkapkan bahwa warga Gabus membutuhkan sentuhan pemberdayaan warga. “Kami merasa senang bisa berpartisipasi dengan mahasiswa dan kampus STAIMAFA. Tentu saja, ini menjadi pengalaman berharga, karena dapat memberi kontribusi bagi warga Gabus,” terang Niken.
Niken mengungkapkan bahwa di Kecamatan Gabus, sudah ada beberapa sentra ekonomi, seperti Kasur di Karaban, industri konveksi di Mojolawaran, industri makanan kecil di Kuryokalangan dan beberapa UMKM di kawasan Gabus. Tentu saja, ini potensi berharga yang perlu dikembangkan hingga tersebar di seluruh kawasan Gabus.
Ketua Panitia KKN, Naharin, M.Ag menegaskan bahwa KKN Tematik Posdaya merupakan bentuk kontribusi mahasiswa Staimafa dalam menuntaskan kegiatan pembelajaran di kampus. “Selama ini mahasiswa sudah mendapat bekal ilmu-ilmu dan analisis terkait permasalahan masyarakat. KKN Posdaya dapat menjadi ajang pembelajaran bagi mahasiswa untuk hidup sebenarnya di tengah masyarakat. KKN Posdaya ini, bergerak pada pemberdayaan pendidikan, ekonomi, kesehatan dan lingkungan,” ungkap Naharin. [].

No comments :

Post a Comment