Mahasiswa Staimafa Dakwah ke Jambi


PATI – Sejumlah mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Mathali’ul Falah (Staimafa) Pati menggelar safari dakwah. Kali ini, dakwah dilakukan hingga ke luar pulau, yakni di Desa Bungo Antoi, Kecamatan Tabir Selatan, Kabupaten Merangin, Jambi. Kegiatan ini sebagai wujud pengabdian mahasiswa kepada masyarakat. Sekaligus mengembangkan potensi, skill, dan memberikan kreatifitas dalam bidang pendidikan maupun di lainnya. Selama mengikuti safari dakwah, yang dimulai pada tanggal 25 mei hingga 3 Juni, mahasiswa turut aktif dalam memberikan pendampingan dalam bentuk pelatihan baca tulis Alquran, khotmil quran serta di akhiri dengan pengajian sekaligus memperingati Khaul KH Abdullah Salam. “Safri dakwah kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena lokasi syiar Islam tahun ini berada di luar pulau Jawa. Ini untuk membangun ukhuwah Islamiyah serta membangun relasi,” ujar salah seorang mahasiswa Staimafa, Siswanto, kemarin. Selain itu, safari ke Jambi juga menambah wawasan pengetahuan kepada mahasiswa.
Itu menjadi modal berharga sebelum terjun ke masyarakat setelah lulus kuliah. Positif Menurutnya, kehadiran mahasiswa asal Jawa disambut positif warga yang dijadikan lokasi dakwah. Mengingat, belum banyak masyarakat setempat yang mengenal baca tulis Alquran dengan baik serta pengetahuan agama. Lebih lanjut Siswanto menjelaskan, Staimafa yang merupakan kampus riset berbasis nilai-nilai pesantren sejauh ini lebih kerap terjun ke masyarakat.
Dakwah merupakan salah satu bentuk kiprah nyata civitas akademika Staimafa. Meskipun hanya sepekan, dakwah tersebut memberi kesan tersendiri bagi mahasiswa dan masyarakat Bungo Antoi. Mahasiswa mendapat pengalaman dalam berkiprah di masyarakat. Sebaliknya, masyarakat yang menjadi tujuan dakwah mendapat pencerahan dan pengetahuan tentang ilmu agama. Syiar tersebut merupakan program rutin Staimafa. Sebelumnya, dakwah ke masyarakat dilakukan di Pati dan daerah lain di sekitarnya. (H49-86)

Sumber: Suara Merdeka Online

No comments :

Post a Comment