Dorong Gerakan Ekonomi Warga, Mahasiswa Staimafa Penyuluhan Bumdes


Pati, NU Online
Mahasiswa KKN Sekolah Tinggi Islam Mathali’ul Falah (Staimafa) mengadakan penyuluhan terkait pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) kepada masyarakat desa Bangsalrejo Wedarijaksa kabupaten Pati di balai desa setempat, Rabu (12/8). Pada penyuluhan ini, mereka menghadirkan narasumber yang memaparkan struktur kepengurusan Bumdes hingga AD/ART yang dibutuhkan.

Penyuluhan perihal Bumdes ini sangat penting mengingat sebagian dana yang dikucurkan oleh pemerintah sudah mulai turun di rekening desa namun belum dapat dicairkan. Hal ini disebabkan banyak desa belum dapat menyiapkan secara baik terkait kelengkapan yang disyaratkan pemerintah baik secara kelembagaan maupun administratif.

"Tujuan utama Bumdes adalah meningkatkan perekonomian desa dan bahkan menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi pedesaan," kata Hendri Kristiyanto yang menjadi narasumber.

Hendri menjelaskan bahwa menurut aturan, di tahun 2016 setiap desa diwajibkan sudah memiliki Bumdes karena bantuan apapun masuknya melalui badan usaha tersebut.

Uang negara yang diberikan tidak hanya digunakan untuk pembangunan fisik tetapi juga untuk pengelolaan dan pengembangan Bumdes. Badan usaha ini tidak terbatas pada bantuan simpan pinjam tetapi juga dapat digunakan untuk pengembangan pasar desa, lumbung desa, air minum, kerajinan rumah tangga, pertanian, dan warung desa.

Penyuluhan ini menjadi perhatian semua pihak khususnya bagi para perangkat desa yang hadir. Acara inii diakhiri dengan sesi dialog interaktif oleh para peserta. (Isyrokh/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

No comments :

Post a Comment