Mahasiswa Staimafa Pati Adakan Safari Dakwah di Tanah Jambi



Pati, NU Online
Sebagai kampus riset berbasis nilai-nilai pesantren, mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Mathali’ul Falah (Staimafa) mengadakan safari dakwah di Desa Bungo Antoi Kecamatan Tabir Selatan Kabupaten Merangin Provinsi Jambi, Rabu (3/6).

Kegiatan safari dakwah ini merupakan wujud pengabdian mahasiswa Staimafa di masyarakat untuk mengembangkan potensi, skill dan memberikan kreatifitas dalam bidang pendidikan maupun di bidang lainnya.

Selama mengikuti safari dakwah yang dimulai pada tanggal 25 Mei sampai 3 Juni 2015, mahasiswa Staimafa turut aktif dalam memberikan pendampingan dalam bentuk pelatihan baca tulis Al-Qur’an, khotmil Qur’an serta di akhiri dengan mengadakan pengajian sekaligus memperingati Haul KH Abdullah Salam.

“Safari dakwah kali ini berbeda pada tahun-tahun sebelumnya, karena pada tahun ini tujuannya adalah untuk syiar Islam di luar pulau Jawa yakni di Provinsi Jambi. Hal ini, di karenakan untuk membangun ukhuwah islamiyah serta membangun relasi,” terang Siswanto, salah satu mahasiswa Staimafa.

Selain itu, tambahnya, dengan diadakannya safari dakwah di provinsi Jambi juga untuk memberikan wawasan pengetahuan kepada mahasiswa sebagai cikal bekal sebelum terjun di masyarakat serta untuk syiar agama.

Sementara itu, menurut Bapak Slamet Mustari, selaku tokoh masyarakat di Desa Bungo Antoi Provinsi Jambi menjelaskan, bahwa dengan adanya safari dakwah yang diselenggerakan oleh civitas akademik mahasiswa Staimafa memberikan dampak yang positif terhadap masyarakat.

“Karena selama ini masyarakat belum banyak yang mengenal tentang baca tulis Al-Qur’an dengan baik serta pengetahuan di sektor agama. Dengan diadakannya safari dakwah ini, pihaknya sangat berterimakasih, karena sangat membantu sekali dalam memerangi angka buta huruf,” jelasnya. (Red: Fathoni)

No comments :

Post a Comment