KKN Suwatu Latih Masyarakat Membuat Gethuk Gedhang & Selai Pepaya


Sebagai upaya pemberdayaan masyarakat desa Suwatu Kecamatan Tlogowungu, tim KKN IPMAFA menyelenggarakan pelatihan kuliner berupa pembuatan getuk pisang dan selai pepaya. Pelatihan bertujuan dapat meningkatkan pembangunan masyarakat dalam bidang ekonomi mikro.

Pelatihan yang diikuti mayoritas ibu-ibu ini dilaksanakan di sejumlah lokasi desa Suwatu selama tiga kali di bulan Agustus 2016. Pelatihan pertama bertempat di rumah Suasti (18/8), kedua di rumah Kamituwo desa Suwatu (24/8) dan ketiga di kediaman Kepala Desa Suwatu (2/8). Pelatihan tersebut cukup mendapat perhatian dari masyarakat. Terbukti acara dihadiri 50an peserta ibu-ibu.

Desa Suwatu memang memiliki potensi alam yang dapat dikembangkan yaitu produksi buah papaya yang sangat melimpah. Oleh karena itu, mahasiswa KKN IPMAFA menginisasi pelatihan sesuai potensi yang ada agar dapat menghasilkan produk getuk pisang yang layak jual. Produk yang diberi nama “Gethuk Gedhang Mak Ijah” ini dikemas secara menarik agar lebih marketable.


“Pelatihan tersebut sebagai upaya pengembangan potensi desa Suwatu agar dapat menghasilkan berbagai macam produk yang bervariasi dan mempunyai harga jual yang tinggi.” tutur Faizah, mahasiswa KKN desa Suwatu. 

No comments :

Post a Comment