Pemanfaatan Limbah Organik di Desa Bermi Gembong

Pemanfaatan limbah organik dalam kehidupan sehari-hari perlu dilakukan untuk mengubah hal-hal yang sederhana menjadi lebih bermanfaat. Dalam rangka itu KKN Institut Pesantren Mathali’ul Falah 2016 di desa Bermi Gembong Pati memberikan program pelatihan bertema lingkungan pada masyarakat Pati (8 Agustus 2016).
Pelatihan tersebut tidak dilakukan dengan menyelenggarakan acara seremonial khusus malainkan dengan cara door to door atau dari rumah ke rumah warga desa Bermi. Dengan kegiatan itu diharapkan dapat meningkatkan wawasan masyarakat terkait pembuatan pupuk secara mandiri. “Program pupuk cair ini sengaja dilaksanakan tidak dengan acara seremonial resmi, namun cukup dari rumah ke rumah warga yang memiliki taman atau pekarangan di rumah mereka. Tujuan kami, mahasiswa KKN bisa menyapa masyarakat dan berbagi sedikit ilmu yang dimiliki untuk kemanfaatan lingkungan desa Bermi” jelas Siti Sulikah, pemateri pelatihan pupuk cair.
Kegiatan pelatihan pembuatan pupuk cair ini direspon baik oleh masyarakat. Meski pada dasarnya pembuatan pupuk cair banyak dilakukan dengan berbagai hal, namun pelatihan yang diadakan oleh KKN IPMAFA desa Bermi cukup sederhana yaitu dengan pemanfaatan jantung pohon pisang yang banyak berada di pekarangan rumah warga.
Jantung pohon pisang ini dipotong kecil-kecil yang kemudian dicampur dengan air cucian beras, ditambah emolase (tetes tebu) dan EMB (Microorganisme Bambu) secukupnya, yang di campur dalam satu ember tabung. Hasil dari proses tersebut dapat siap dimanfaatkan setelah 2 minggu setelahnya.
“Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali bagi kami warga desa Bermi, apalagi proses penyampaian pelatihan yang lebih ramah dengan datang ke rumah-rumah warga. Berbeda dari seperti biasanya yang hanya mengadakan acara di balai desa.” tutur Ulfi warga desa Bermi.
Selain kegiatan pelatihan pembuatan pupuk cair, ada beberapa kegiatan lain yang telah diagendakan selama satu setengah bulan kedepan yang juga bertemakan lingkungan. Kegiatan ini meliputi pelatihan pembibitan tumbuhan, pembuatan komposter dan pendidikan lingkungan anak melalui program “Sahabat green school” di beberapa sekolah dasar desa Bermi.

No comments :

Post a Comment