Pembuatan Pakan Ternak Fermentasi di Desa Cabak Tlogowungu

Melihat kondisi peternakan yang potensial di desa Cabak-Tlogowungu, kelompok KKN Institut Pesantren Mathali’ul falah (IPMAFA) Pati mengadakan pelatihan pembuatan pakan ternak fermentasi bersama warga (28/8/2016). Pelatihan diikuti oleh perwakilan dari delapan kelompok tani desa Cabak dan sebagian masyarakat setempat yang memiliki ternak kambing dan sapi.

Dalam pelaksanaannya, pelatihan dibarengi dengan praktek langsung yang bertempat di rumah Ruslan, salah satu tokoh masyarakat setempat yang juga pengusaha peternakan sapi. Kegiatan berlangsung selama dua setengah jam dan didampingi langsung oleh Zaenal Arifin dari PT. HCS Unit Pati. Program pengembangan bahan organik ini termasuk menjadi program unggulan kelompok KKN Tematik IPMAFA di desa Cabak.

Kelompok KKN IPMAFA desa Cabak sengaja menggandeng PT HCS Pati sebagai fasilitator karena memiliki keahlian di bidang peternakan dan pertanian organik. Suroto selaku Kepala Desa Cabak yang juga terlibat dalam praktek pelatihan memberikan dorongan dan motivasi kepada warga yang tengah mengikuti pelatihan.

Zainal memaparkan banyak hal terkait proses pembuatan pakan ternak fermentasi meliputi apa saja bahan yang dibutuhkan, bagaimana cara beternak yang baik dan manfaat yang dapat diambil dari pakan fermentasi. Penggunaan pakan ternak fermentasi akan memudahkan masyarakat dalam menyediakan pakan secara hemat waktu dan tenaga. Dengan demikian potensi peternakan yang cukup besar dapat ditingkatkan bahkan menjadi suatu peluang usaha baru dalam masyarakat” jelasnya.

Selain itu, Zainal juga menyampaikan akan pentingya menggunakan bahan peternakan ataupun pertanian yang menggunakan bahan organik daripada bahan-bahan kimia yang menurutnya dapat merusak dan kurang baik untuk konsumsi.

Dengan adanya pengarahan dan praktek langsung terkait pembuatan pakan ternak fermentasi dari PT HCS, masyarakat mudah paham dan mampu mempraktekkan langsung dalam mengembangkan potensi desa di bidang peternakan. Selain itu, diharapkan terjalin hubungan antara masyarakat dengan PT HCS yang memiliki gerakan seputar produk pengembangan peternakan dan pertanian secara modern berbasis bahan organik.

No comments :

Post a Comment