Program Green School Desa Bermi Dorong Cinta Lingkungan Sejak Dini


Pelestarian lingkungan menjadi tanggung jawab bagi seluruh elemen masyarakat. Sedini mungkin masyarakat didorong untuk sadar akan lingkungan yang bersih dan sehat sebagai bagian dari menjaga kelestarian lingkungan hijau. Atas dasar itu KKN Institut Pesantren Mathaliul Falah (IPMAFA) menyelenggarakan program pendidikan lingkungan anak (PLA) yang disebut ‘Sahabat Green School’ di sekolah-sekolah dasar Desa Bermi Kecamatan Gembong Pati (24/8/2016).

Kegiatan PLA tersebut merupakan program lanjutan dalam bidang pemberdayaan lingkungan KKN IPMAFA desa Bermi. Sementara ini kegiatan PLA sudah terlaksana di sekolah SD Negeri Bermi 03 dan MI Manba’ul Ulum Bermi.

PLA Sahabat Green School didesain untuk memberikan pemahaman sejak dini terhadap generasi muda agar mencintai kebersihan dan menjaga kelestarian alam. “Melalui program ini anak-anak diajak bermain dan belajar  tentang pelestarian alam di lingkungan sekolah mereka seperti gerakan ‘ayo pungut sampah’, aksi tanam dan kreasi dari sampah.” tutur Ghufron, Koordinator program PLA.
“Kami sangat mendukung gerakan semacam ini bisa berjalan secara terus-menerus, bahkan diterapkan disekolah-sekolah lain. Meski sederhana tapi sifatnya mengena. Tidak sebatas teori yang yang diberikan kepada usia didik tetapi aksi nyata bersama lembaga sekolah  yang  memberikan pengaruh besar terhadap pemahaman dan penyadaran terhadap pentingnya kelestarianujar Ngusmin SPd, Kepala Sekolah Dasar bermi 03.

Antusiasme tampak dari respon anak-anak ketika mengikuti program karena pembelajaran yang biasa mereka ikuti bersifat indoor atau di dalam kelas. Berbeda dengan kegiatan PLA, desain materi dilakukan di luar kelas (outdoor) disertai praktek langsung sebagai bentuk kepedulian dan menanamkan pentingnya kelestarian  lingkungan sejak dini.

No comments :

Post a Comment