Warga Tlogorejo-Tlogowungu Diingatkan Pentingnya Pendidikan Dalam Keluarga

Pendidikan tidak hanya dilakukan di lembaga-lembaga pendidikan formal, tetapi juga non-formal. Terutama bagi pendidikan anak usia dini, tentunya tidak bisa hanya dilakukan di lembaga pendidikan formal semata. Keluarga juga mempunyai peranan penting untuk mendidik anak dalam keluarga.

Pentingnya peran keluarga dalam pendidikan anak ini juga di ungkapkan oleh Inayatul Ulya. Narasumber dalam acara Sosialisasi tentang Pentingnya Pendidikan Anak Dalam Keluarga ini mengingatkan, peran ibu dalam keluarga selain mengurus rumah tangga juga berkewajiban untuk mendidik anak. Bahkan porsinya harus lebih banyak dari pada kepentingan yang lain.

“Keluarga, terutama ibu menjadi tumpuan bagi anak-anak untuk mendapatkan pendidikan sejak dalam keluarga. Sebab tanggung jawab pendidikan anak yang paling pertama adalah orang tua,” ungkap dosen PGRA Ipmafa Margoyoso ini.

Sosialisasi pendidikan dalam keluarga  dilaksanakan di Balaidesa TLogorejo, Tlogowungu pada Selasa, (16/8). Sosialisasi ini mengambil tema Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak. Sosialisasi ini dihadiri oleh ibu-ibu rumah tangga Desa Tlogorejo beserta dengan anak-anak didiknya.

Nafa, Ketua Pelaksana  sosialisasi ini juga mengatakan pola asuh orang tua sangat berpengaruh terhadap kemandirian anak.

“Anak yang sering ditunggu orang tuanya ketika berada di sekolah PAUD maupun RA, tentunya anak-anak tidak akan bisa mandiri, mereka akan bergantung kepada orang tuanya,” tutur Nafa. (ho-05/ed-7)

Sumber: Harian Pati

No comments :

Post a Comment