Mengenal Konsep KKN Pemberdayaan IPMAFA Pati


Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bagian dari sistem pendidikan tinggi, tak terkecuali di Institut Pesantren Mathaliul Falah (IPMAFA) Pati, berupa penugasan mahasiswa di luar kampus agar mahasiswa hidup di tengah-tengah masyarakat bersama masyarakat untuk membantu dan mendampingi masyarakat memanfaatkan potensi sumber daya alam (SDA) lokal dan sumberdaya manusia (SDM) yang ada untuk mengatasi permasalahan masyarakat dalam kurun waktu tertentu. Mengingat   potensi dan permasalahan di masyarakat sangat kompleks dan berubah sangat cepat, maka perlu dilakukan KKN untuk memfasilitasi masyarakat dengan sasaran optimalisasi fungsi pemberdayaan komunitas agar masyarakat bisa melanjutkan kegiatan pembangunan yang terarah. Komunitas yang dimaksud di sini ialah sekumpulan individu yang bersatu dalam sebuah wadah organisasi baik yang dibentuk oleh desa maupun atas inisiatif masyarakat sendiri.

Oleh karena itu, Program-program KKN Tematik Pemberdayaan diharapkan tidak terbatas pada hal-hal pragmatis dan sederhana dalam merespon berbagai problem sosial di tengah masyarakat setempat. Melalui arahan pemantapan fungsi pemberdayaan komunitas diharapkan akhirnya masyarakat mampu mengatasi masalah yang lebih fundamental. Hal itu dapat tercapai jika kesadaran dan partisipasi seluruh komponen masyarakat telah terbangun.

Sebagai bagian dari aktifitas ilmiah, KKN Tematik Pemberdayaan juga dilaksanakan secara ilmiah dan sistematis dengan menempatkan penduduk dan komunitas sebagai titik sentral pembangunan, serta berkesinambungan. Selanjutnya, KKN Tematik Pemberdayaan diarahkan dengan tujuan memperkuat kemampuan komunitas dan masyarakat secara mandiri. 

Komunitas sebagaimana telah dikemukakan adalah suatu lembaga masyarakat yang berfungsi atau dapat dimanfaatkan sebagai forum silaturahmi, advokasi, komunikasi, edukasi dan wadah kegiatan penguatan fungsi-fungsi masyarakat secara terpadu yang dilaksanakan dari, oleh dan untuk masyarakat. 

KKN Tematik Pemberdayaan merupakan salah satu jenis KKN tematik yang bertujuan membentuk, membina, dan mengembangkan komunitas sebagai terobosan baru dalam pemberdayaan masyarakat, melalui pemanfaatan potensi SDM dan SDA lokal. Dari aspek masyarakat penerima, KKN Tematik Pemberdayaan membantu membentuk, mengisi, membina, dan mengembangkan komunitas di desa atau pedukuhan secara sistematis. Komunitas yang dibentuk atau dikembangkan merupakan wadah bagi masyarakat untuk bersama-sama mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan sosial keagamaan yang sekaligus merupakan upaya memperbaiki kualitas sumber daya manusia itu sendiri.

No comments :

Post a Comment