Mengintip Persiapan Mahasiswa KKN Menjelang Penerjunan


Mahasiswa peserta KKN di Kecamatan Winong Pati secara serius telah malakukan observasi kurang lebih dua minggu untuk menggali data dan informasi desa yang akan menjadi lokasi KKN. Data-data yang dicari tentu tidak sedikit karena mencakup demografi desa, statistik penduduk dengan segala pekerjaannya, kondisi dan karakter masyarakat yang tidak bisa diketahui tanpa membaur dan berkumunikasi dengan masyarakat setempat, dan masih banyak lagi terkait data yang harus didapatkan.

Setelah itu mahasiswa harus membuat draf program kerja KKN selama satu setengah bulan yang dipresentasikan di hadapan tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) LPPM IPMAFA guna mematangkan program kerja yang dibuat sehingga dalam implementasinya nanti dapat berjalan dengan baik.

Kegiatan pra live in KKN tersebut ternyata tidak menciutkan nyali dan semangat para mahasiswa. Dua hari menjelang penerjunan, mahasiswa tampak antusias dengan mempersiapkan berbagai macam kebutuhan dan perlengkapan yang akan dibawa nanti saat tinggal di lokasi KKN mulai 1 Agustus sampai 16 September 2017.

Semua perlengkapan berat yang akan dibawa di lokasi KKN sudah diatur sedemikian rupa. Dengan dikoordinatori Koordinator Kecamatan (Korcam) Fery Zahir, semua barang dikumpulkan di satu titik kemudian diangkut menuju tempat KKN. Dengan demikian, pada hari H-1 semua barang mahasiswa dari 20 kelompok KKN yang ada sudah berada di posko KKN masing-masing.

Kemudian pada saat penerjunan, Selasa (1/8/2017), mahasiswa tinggal datang ke Balaidesa Winong Pati untuk mengikuti upacara penerjunan tanpa repot-repot membawa bekal dan perlengkapan hidup selama tinggal di desa KKN.

Semoga semangat para mahasiswa dalam berlatih membangun masyarakat sekitar tetap terpancar karena hal tersebut tentu tidak mudah. Semua yang dilakukan merupakan bentuk latihan bermasyarakat dan perjuangan yang serius. Pada akhirnya kebaikan tersebut manfaatnya tidak hanya kembali pada diri sendiri, tetapi kepada masyarakat luas, dan akan menjadi contoh kepada adik-adik mahasiswa angkatan berikutnya.

Mari untuk tidak pernah ragu dalam mensyiarkan kebaikan. Bravo KKN IPMAFA 2017



#REPORTASE_KKN_IPMAFA_2017

No comments :

Post a Comment