Inilah Program Pemberdayaan Ekonomi KKN Orlando Tawangrejo


Mahasiswa KKN IPMAFA bernama Tim KKN Orlando secara serius terus menggarap program KKN di bidang pemberdayaan ekonomi. Setelah sukses melakukan pendampingan dalam pemasaran produk Batik Tawungsari di pasar Pragola Pati, nanti pada tanggal 17 Agustus 2017, penguatan bidang ekonomi akan dilanjutkan dengan mempertemukan UMKM Olah Batik dan UMKM Kripik Jagung desa Tawangrejo dengan pengurus pusat Komunitas Olah Kain Se-Jawa Tengah.
Dari hasil forum itu akan dibahas tentang hal-hal penting terkait pengembangan ekonomi meliputi produk, pameran, pemasaran tingkat nasional bahkan internasional, dan lain-lain. Tim KKN dan UMKM batik juga akan mengikuti pelatihan tambahan di Semarang pusat olah kain batik.
Kemudian hari Sabtu, (19/8/2017) nanti akan diselenggarakan workshop kewirausahaan dengan tema “Pemberdayaan UMKM daerah Lokal untuk Kesejahteraan Ekonomi”. Workshop tersebut diadakan dalam bentuk kerjasama berbagai pihak meliputi Dinas Koperasi UMKM Pati, karangtaruna, UMKM desa, dan organisasi MA Radhautussyuban Tawangrejo. Para peserta akan mengikuti pelatihan Manajemen UMKM selama 3 hari yang difasilitasi oleh Dinas UMKM Pati.
Program kerja KKN Orlando selanjutnya adalah menciptakan kader untuk keberlanjutan UMKM Olah Kain Batik Tawungsari. Kaderisasi ini dilakukan dengan menggerakkan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Tawangrejo melalui pelatihan batik selama satu bulan untuk 25 peserta dari masyarakat Tawangrejo.  Kader-kader ini diperuntukkan bagi mereka yang berminat dan yang ditunjuk langsung oleh PKBM.
Efektifnya program ekonomi dan daya serap masyarakat terhadap manfaatnya menjadikan program pemberdayaan ekonomi merupakan program yang diunggulkan oleh tim KKN Orlando, DPL dan Tim Monitoring dan Evaluasi IPMAFA dan mendapat dukungan penuh dari masyarakat sekitar.
Reportase Suci Lestari

#KKN_IPMAFA2017

No comments :

Post a Comment