KKN Dasarahayu Ajak Cinta Lingkungan Sejak Dini


Di Era yang serba modern dan praktis sekarang ini masalah lingkungan menjadi persoalan masyarakat dimana-mana. Maka diperlukan gerakan bersama dalam  melindungi, dan mendorong penggunaan ekosistem daratan, serta mengelola hutan secara berkelanjutan, sesuai misi Sustainable Development Goals (SDGs). Edukasi dan sosialisasi akan pentingnya penanaman cinta lingkungan menjadi kegiatan yang wajib digalakkan.
Hal inilah yang menjadi landasan kegiatan bidang lingkungan kelompok KKN 10 desa Mintorahayu Kecamatan Winong untuk melakukan kegiatan tata ruang publik pada masyarakat (22-27/8/2017). Mereka diajak untuk merawat dan melestarikan lingkungan yang bersih dan sehat.
Kegiatan ini meliputi bersih-bersih bersama para perangkat desa di balai desa, halaman SDN Mintorahayu, TPQ Darussalam, TK PGRI dan KB Rahayu bersama anak-anak sekolah. Anak-anak juga diajak untuk merenovasi halaman sekolah mereka dengan menata ulang dan memperbaiki pot bunga yang sudah rusak kemudian diberi pupuk sederhana dari batang pohon pisang dan serut kayu.
Tidak cukup sampai disitu, kegiatan ini juga menggandeng Dinas Perhutani dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati. Melalui singkronisasi program kerja antara kelompok KKN desa Sumbermulyo, Mintorahayu dan Pagendisan. Lembaga dinas secara cuma-cuma memberikan bibit pohon kesambi, jambu air dan matoa, juga benih sayur-sayuran seperti tomat dan cabai. Kemudian mahasiswa KKN menindaklanjuti sebagai kegiatan penanaman dan penghijauan lingkungan bersama para perangkat desa, dan penanaman tanaman sayur bersama ibu-ibu PKK.
Kegiatan ini banyak melibatkan anak-anak karena tujuannya adalah untuk menanamkan rasa cinta kepada lingkungan sejak dini. Sebab dari observasi yang dilakukan oleh tim KKN Dasarahayu, ditemukan fakta bahwa lingkungan desa Mintorahayu kurang banyak pepohonan yang menjadi penghijau di tengah-tengah pemukiman.
“Pendidikan cinta lingkungan sangat penting diberikan kepada adik-adik, maka kami menekankan kegiatan ini dan kami kemas kegiatan ini agar sesuai dengan minat belajar adik-adik seperti bermain sambil berkebun dan bernyanyi” ujar Nisa’ salah satu anggota KKN Dasarahayu.

#REPORTASE_KKNMINTORAHAYU_2017

Posting Komentar

0 Komentar