KKN Tawangrejo Garap Pemberdayan Ekonomi Sebagai Program Unggulan


KKN Tematik Pemberdayaan Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) Pati desa Tawangrejo Winong Pati tidak ketinggalan dengan program pemberdayaan masyarakat.  Kelompok 6 dengan sebutan KKN ORLANDO ini sesuai kepanjangan slogannya yaitu Kuliah Kerja Nyata Ora Lali Ndongo (Orlando). Tim Orlando diketuai oleh Muhammad Nurussalam dari Prodi Perbankan Syariah.
Selama 10 hari menjalani KKN, beberapa program telah mereka selenggarakan dengan baik. Salah satunya adalah program unggulannya di bidang ekonomi melalui pengembangan produk lokal desa Tawangrejo. KKN Orlando berinisiatif melakukan pendampingan dalam pemasaran UMKM olah kain batik Tawungsari agar produk tersebut tersebar luas tidak hanya di daerah Pati tapi mampu menjangkau pasar yang lebih luas.
 Dalam pameran produk, mahasiswa memberikan pendampingan agar produk batik Tawungsari dapat masuk dan dipamerkan di pasar Pragola Pati. Pameran tersebut dianggap penting karena di sana berkumpul berbagai produk khas Pati dan dengan jumlah pengunjung yang cukup ramai. Dari pameran itu, beberapa masyarakat Pati memesan batik Tawungsari dan sebagian lagi membelinya di tempat.

Aksi mahasiswa KKN Orlando ini ternyata menarik perhatian orang lain saat pameran. Di hari kedua mereka didatangi wartawan dan menanyakan mengenai kegiatan mereka di stand pameran produk pati ini. Wartawan tersebut juga berbincang dengan pemilik UMKM Batik Tawungsari. Kebetulan hari itu semua anggota tim KKN Orlando datang ke Pragola. Ternyata esok harinya kabar tentang kegiatan KKN IPMAFA telah dimuat di halaman koran harian Jateng.
Program pemberdayaan ekonomi ala KKN Orlando tidak berhenti di sini. Rencananya akan dilakukan program pendampingan dan fasilitasi lebih lanjut terkait pengembangan produk Batik Tawungsari ini. Pada tanggal 7 Agustus 2017 nanti, KKN Orlando akan mempertemukan UMKM Olah Batik dan UMKM Kripik Jagung desa Tawangrejo dengan pengurus pusat Komunitas Olah Kain Se-Jawa Tengah. 


Reportase Suci Lestari

#KKN_IPMAFA2017

No comments :

Post a Comment