Mahasiswa KKN Rosela Dampingi Lembaga Bina Keluarga Lansia Sumbermulyo


Kelompok KKN Rosela bekerjasama dengan bidan desa  Sumbermulyo mengadakan pelatihan senam anti stroke dan pemeriksaan kesehatan untuk para lansia, Sabtu, (12/08/2017). Event ini diikuti oleh 36 peserta dari masyarakat lansia, pengurus, kader Bina Keluarga Lansia (BKL), serta mahasiswa.  Bertempat di rumah Bapak Subiyanto dukuh Ngglagah desa Sumbermulyo, para peserta mengikuti dengan penuh kegembiraan dan canda tawa.

Kegiatan ini merupakan salah satu program KKN Tematik Pemberdayaan IPMAFA di bidang kesehatan melalui pemberdayaan lembaga BKL. Dari data hasil observasi yang dilakukan mahasiswa KKN menunjukkan bahwa 75 % penduduk usia produktif di desa Sumbermulyo memilih untuk merantau. Sementara penduduk yang menetap di desa didominasi oleh masyarakat lanjut usia.

Kemudian kegiatan yang ada di lembaga BKL selama ini sebatas pemeriksaan kesehatan tanpa diselingi dengan kegiatan yang menarik. Oleh karena itu, kelompok KKN Rosela IPMAFA di desa Sumbermulyo bersama bidan desa mencoba melakukan pendampingan terhadap pengurus dan kader BKL agar kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan tidak monoton dan lebih menarik bagi masyarakat.


Dimulai dengan pembukaan dan pengarahan dari ketua BKL Endang Pamuji, selanjutnya masyarakat lansia secara bergiliran memeriksakan kesehatannya. Kemudian, mahasiswa melatih kader dan masyarakat lansia untuk melakukan senam anti stroke.

Program ini rencananya akan diadakan secara berkelanjutan dengan kader dari masyarakat sebagai instruktur senam sehingga kedepannya program ini dapat berlanjut dan mereka bisa lebih berinovasi terhadap kegiatan-kegiatan BKL.


“Saya sangat berterimakasih sekali kepada adik-adik mahasiswa KKN IPMAFA yang telah membantu mengobyaki kader dan masyarakat lansia disini untuk memeriksakan kesehatannya. Kegiatan selingan semacam senam anti stroke ini, memang sudah semestinya ada di lembaga BKL. Semoga kedepannya para pengurus dan kader bisa lebih kreatif.” tutur Endang ketua BKL desa Sumbermulyo.



#REPORTASE_KKNIPMAFA2017

No comments :

Post a Comment