Monev Mahasiswa KKN IPMAFA: Mahasiswa Mulai Realisasikan Program Kerja



Selang satu minggu setelah penerjunan KKN, Tim Monitoring dan Evaluasi (monev) segera melakukan kunjungan ke sejumlah kelompok KKN IPMAFA di wilayah Kecamatan Winong Pati (9/8/2017). Monev perdana ini dilakukan Wakil Rektor III IPMAFA, H Subhan Salim MAg dengan didampingi panitia KKN. Dalam Monev ini baru dapat mengunjungi lima desa KKN meliputi Padangan, Mintorahayu, Kebowan, Blingijati, dan Winong.

Monev tersebut sengaja dilakukan lebih awal untuk memastikan bahwa lokakarya mini sudah terselenggara pada masing-masing desa dan program-program KKN perdana sudah mulai dilaksanakan. Dengan adanya monev lebih awal, mahasiswa dapat lebih terpacu dan serius dalam merealisasikan program kerjan yang direncanakan. Selain itu Tim Monev juga memberikan masukan terkait program-program yang akan digarap selama KKN.

Secara umum, kelompok KKN sudah menyelenggarakan lokakarya mini bersama masyarakat. Dengan demikian, program-program KKN sudah tersosialisasi dengan baik. Mahasiswa pun sudah membaur dengan masyarakat dalam berbagai kegiatan desa. Ini membuktikan bahwa mahasiswa KKN IPMAFA sudah diterima dengan baik oleh warga desa yang menjadi lokasi KKN.

Kegiatan Monev ini termasuk yang membedakan antara KKN IPMAFA dengan KKN–KKN di tempat lain. Kalau biasanya pelaksanaan KKN di kampus lain hanya sekedar mahasiswa diterjunkan ke desa lalu dibiarkan, KKN di IPMAFA tetap melakukan pengontrolan dan pengawalan sampai selesai.









No comments :

Post a Comment