Pelatihan Alat Permainan Edukatif Digemari Masyarakat Desa Bumiharjo



Desa Bumiharjo kembali diramaikan dengan kegiatan KKN IPMAFA berupa Pelatihan pengembangan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam pembelajaran anak usia dini, Sabtu, 26/8/2017. Pelatihan diisi oleh narasumber spesialis PIAUD, Ibu Sumiyati MPd I yang sekaligus Kepala Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini IPMAFA.

Bertempat di Balai Desa Bumiharjo, acara dihadiri berbagai pihak meliputi Muspika Winong, Ka UPT Diknas Pendidikan Kecamatan Winong Sumitro SPd MHum, para guru PAUD sekecamatan Winong, dan mahasiswa/mahasiswi KKN IPMAFA Pati.

Sumiyati dalam paparannya menyampaikan bahwa media atau peraga merupakan hal yang sangat penting bagi tenaga pendidik sebagai sarana menyampaikan informasi kepada anak didik. Peran media dalam pembelajaran tujuannya untuk memperjelas penyajian pesan dan memperdalam pemahaman anak didik terhadap mata pelajaran. Dengan media pembelajaran, pendidik dapat memperagakan pengertian yang abstrak menjadi pengertian yang kongkret dan jelas. 

“Peranan media mengatasi keterbatasan ruang waktu dan daya Indera manusia. Penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat mengatasi sikap pasif anak didik dan memberi kesempatan pada anak untuk mereview pelajaran yang diberikan”, jelasnya.

“Media mampu memberikan variasi dalam proses pembelajaran. Alat Peraga tidak harus yang mahal dan bisa memperlancar proses pembelajaran dan mempermudah tugas para Guru”, imbuhnya.

Kades Bumiharjo Sumari menyambut baik dan mendukung penuh acara tersebut karena akan memberi manfaat pada para peserta. Senada hal itu, Camat Winong Suharyanto SH memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini dan menyatakan bahwa kegiatan itu dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan administrasi bagi pembelajaran PAUD kedepannya. 


No comments :

Post a Comment