Penerjunan KKN IPMAFA 2017 di Kecamatan Winong Pati


Mahasiswa KKN Institut Pesantren Mathali'ul Falah (IPMAFA) Pati resmi diterjunkan di Kecamatan Winong Pati, Selasa (1/08/2017). Penerjunan KKN yang bertempat di balaidesa Winong ini diserahkan oleh Rektor IPMAFA, Abdul Ghararrozin MEd dan diterima langsung oleh Camat Winong Suharyanto SH. Dalam acara itu dihadiri oleh Bappeda Pati, para Kepala Desa Kecamatan Winong, dinas-dinas terkait dan seluruh mahasiswa peserta KKN.

KKN IPMAFA menfokuskan pada pemberdayaan 5 garapan meliputi pendidikan, kesehatan, ekonomi mikro, pelestarian lingkungan dan sosial keagamaan. KKN kali ini mengangkat tema "Pengembangan Komunitas Sebagai Upaya Peningkatan Kemandirian dan Daya Saing Masyarakat Berbasis Pemberdayaan".
Penerjunan KKN IPMAFA Tahun 2017 di Balaidesa Winong

Rektor IPMAFA yang akrab disama Gus Rozin dalam sambutannya menyampaikan bahwa KKN Pemberdayaan IPMAFA memiliki keunikan dalam pelaksanaannya karena memiliki 5 program interventif khususnya dalam hal pemberdayaan bidang sosial keagamaan. Hal ini sesuai dengan profil institusi IPMAFA yang sistem pendidikannya berbasis nilai-nilai pesantren sehingga mahasiswanya adalah para santri. Selain itu KKN IPMAFA juga mengharuskan adanya pembekalan intensif yang diberikan kepada peserta KKN agar mereka dapat melakukan analisis sosial dan berkomunikasi dengan baik dengan masyarakat.

"IPMAFA adalah satu-satunya Institut yang ada di Pati. Mayoritas mahasiswanya adalah dari Pati. Maka IPMAFA adalah dari Pati untuk Pati" tutur Rektor IPMAFA yang langsung disambut dengan tepuk tangan meriah dari para hadirin.

Sementara Suharyanto Camat Winong menyambut baik adanya KKN IPMAFA di wilayah Winong dan menyampaikan bahwa pelaksanaan KKN IPMAFA ini sangat tepat karena bertepatan dengan beberapa kegiatan yang akan terselenggara di wilayah kecamatan Winong seperti kegiatan-kegiatan menjelang Agustusan.

Dari Bappeda berpesan bahwa selama mengikuti kegiatan KKN ini, mahasiswa diharapkan dapat menjaga prilaku dengan baik ketika bergumul di tengah masyarakat. Mahasiswa adalah agent of change yang akan menjadi generasi penerus di negeri ini.

Di akhir sesi, penerjunan dilakukan secara simbolik dengan penyematan pin kepada mahasiswa oleh Camat Winong dan Bappeda.









No comments :

Post a Comment