Sukseskan Program Pemberdayaan, LPPM Segera Audiensi Bersama Para Stakeholder


Untuk mensukseskan program pembangunan masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN), Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IPMAFA akan mengupayakan adanya sinergitas antara pelaksanaan KKN oleh mahasiswa dengan kebijakan pemerintah yang diimplementasikan oleh lembaga-lembaga terkait.

Dengan adanya kesepahaman, mahasiswa diharapkan dapat memiliki akses dengan dinas terkait atau setidaknya tidak canggung untuk bersinergi dengan instansi pemerintahan yang ada. Komunikasi antara lembaga pendidikan dengan pemerintahan diperlukan untuk menunjang suksesnya program pemberdayaan masyarakat.

Dengan dasar ini, LPPM dalam waktu dekat akan menyelenggarakan forum dialog yang melibatkan para stakeholder khusus dari instansi pemerintah. Rencananya forum tersebut akan diselenggarakan dalam bentuk semiloka yang akan diisi oleh dinas-dinas terkait meliputi Dispermades, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Depag, Dinas Lingkungan Hidup, dinas Kesehatan, Bappeda dan para Kepala Desa yang menjadi lokasi KKN saat ini.

Dr Mukhtar, Kepala Dispermades saat ditemui LPPM IPMAFA, Rabu (2/8/2017) menyambut baik rencana ini. Mukhtar yang juga dosen IPMAFA ini menyampaikan banyak hal tentang mungkinnya program pemerintah yang dapat diintervensi oleh para akademisi dalam program pengabdian masyarakat khususnya dalam pengembangan dan optimalisasi BUMDES.

"Secara teori, dengan program KKN mahasiswa dituntut mampu membangun dan memberdayakan masyarakat, tetapi di sisi lain mereka sebetulnya sedang melalui proses pembelajaran", tuturnya.

No comments :

Post a Comment