Tiga Kelompok KKN IPMAFA Gandeng Perhutani Pati Garap Program Bidang Lingkungan



Selasa, (29/8/2017), Tiga kelompok KKN IPMAFA menggandeng lembaga Perhutani Kabupaten Pati untuk menyelenggarakan program di bidang lingkungan. Tiga Kelompok ini meliputi kelompok KKN desa Mintorahayu, Pagendisan, dan Sumbermulyo yang memiliki program serupa sehingga mereka melakukan sinkronisasi dan kerjasama program.

Ketiga kelompok tersebut memiliki program KKN di bidang lingkungan berupa “Penyadaran, Penghijauan, dan Tata Ruang Publik”. Sebagai bentuk realisasi dari program ini, masing-masing kelompok KKN akan melakukan penyuluhan tentang pentingnya menjaga ekosistem khususnya bagi anak-anak bersama penduduk desa dalam kegiatan penghijauan dan penataan ruang publik.

Dengan program ini masyarakat akan membersihkan, memperindah, dan menanam sejumlah bibit pohon di beberapa spot meliputi jalan masuk desa, kantor balai desa, halaman sekolahan dan masjid yang ada di masing-masing desa KKN mereka.

Dengan menggandeng Perhutani Pati, ketiga kelompok mendapatkan bantuan bibit pohon sebanyak 500 buah, meliputi pohon jati, kesambi, sayur salam, ditambah bunga-bunga hasil swadaya kelompok KKN. Adapun pelaksanaan kegiatan akan menyesuaikan dengan jadwal masing-masing ketiga kelompok KKN.

“Menjaga dan merawat ekosistem merupakan sebuah keharusan yang tidak boleh diselewengkan. Berdasarkan hasil observasi, transek, sharing dengan masyarakat masing-masing desa, kami sepakat untuk melakukan program ini. Kami harap, acaranya nanti bisa berjalan dengan lancar, bermanfaat dan berkah.”, tutur Ketua Panitia Ah. Khoirun Ni’am.

No comments :

Post a Comment