KB Mafa Sa’adah; Kawah Candradimuka Baru di Desa Blingijati


Blingijati, Pati – Pendidikan anak usia dini merupakan upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak usia 0-6 tahun yang diselenggarakan melalui rangsangan pendidikan melalui bermain. Pada usia ini dikatakan oleh ahli sebagai masa emas perkembangan anak. Hal ini menjadi perhatian serius oleh tim KKN IPMAFA desa Blingijati dalam pembangunan bidang pendidikan yang barangkali dapat digarap di desa tersebut.

Dalam data observasi, desa Blingijati hanya memiliki lembaga PAUD dengan sasaran anak usia 4-6 tahun atau pendidikan tingkat TK. Oleh karena itu KKN Tematik Pemberdayaan IPMAFA berinisiatif menyelenggarakan pendidikan anak usia dini yang ditujukan pada anak usia 2-4 tahun atau termasuk jenis satuan pendidikan Kelompok Bermain (KB). Hal ini pun sejalan dengan program pemerintah Desa Blingijati yang belum terealisasi dalam program satu desa satu PAUD sesuai aturan dan himbauan pemerintah pusat.

Setelah melakukan beberapa upaya dan bersinergi dengan masyarakat, pada akhirnya upaya mahasiswa KKN menuai hasil. Pada Senin, 11 Agustus 2017 Tim KKN IPMAFA Posko 05 Desa Blingijati membuka Kelompok Bermain (KB) dengan nama Mafa Sa’adah yang diresmikan secara langsung oleh Kepala Desa Blingijati, Lukman Anshori, bertempat di Posko 05 KKN IPMAFA, bersama dengan bunda-bunda (guru) PAUD.

Selama KKN berlagsung, program KB ini telah berjalan 14 kali, 3 kali dalam seminggu yaitu setiap hari Senin, Selasa dan Rabu. Adapun waktu pelaksanaannya pada pagi hari pukul 08.00 - 90.30.

Di awal pembukaan KB, minat dan antusias warga untuk mendaftarkan anaknya masih rendah dengan jumlah peserta didik di hari pertama hanya berjumlah  8 anak. Meski demikian dengan berjalannya waktu, perkembangan mulai terlihat dengan meningkatnya peserta didik yang hingga sekarang berjumlah total 11 anak.


No comments :

Post a Comment