Belajar Mencintai Lingkungan, KKN IPMAFA Sidomukti Ajak Anak KB dan TK ke Balingtan


Sebagai bagian dari program 5 pilar  KKN IPMAFA 2018 yang di dalamnya memuat program pendidikan, KKN IPMAFA POSKO 13 Desa Sidomukti Kecamatan Jaken Kabupaten Pati mengajak anak usia KB dan TK Puspito Rini Sidomukti untuk lebih mencintai lingkungan. Tim KKN bekerjasama dengan Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (BALINGTAN), Pati dan mengajak peserta didik berkeliling mengamati secara langsung dengan menyatu bersama alam.

 

Acara yang dilaksanakan, Sabtu (11/08/18) pukul 07.30-09.00 dengan diikuti oleh 23 dari peserta KB dan 19 dari anak TK beserta 2 guru dan 5 pembimbing dari tim KKN IPMAFA Sidomukti.

Dalam kesempatan tersebut  peserta diperkenalkan dengan lingkungan untuk belajar mencintai alam dan mengamati ekosistem proses pertanian dan peternakan.  

Puryati (38) selaku guru dari TK Puspito Rini sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh tim KKN IPMAFA Desa Sidomukti. “Saya sangat senang sekali anak-anak diajak kedalam lingkungan Balingtan ini, kegiatan yang biasanya hanya dilakukan di dalam ruangan kali ini membuat suasana yang berbeda, harapannya kegiatan ini akan dilakukan dan dijadwalkan setiap sabtu satu kali” tutarnya. Guru yang akrab disapa Bu Pur ini juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat positif untuk mengenalkan anak-anak dengan alam.

Sementara itu  Dhuha Sittu  Fitriana selaku Koordinator bidang Pendidikan  sebagai penggagas acara ini menerangkan even ini memang sudah direncanakan dalam program pendidikan KKN IPMAFA Sidomukti 2018. Tujuannya agar anak-anak lebih mencintai lingkungan. “Saya cukup senang sekali anak-anak antusias mengikuti dengan gembira kegiatan ini, karna disini anak-anak dapat melihat dan berinteraksi langsung dengan alam dengan melihat angsa, sapi, kalkun, kambing, kolam lele dan proses penyediaan bibit dan cara merawat tanaman”.

Dalam kegiatan ini tim KKN IPMAFA Desa Sidomukti menjelaskan pentingnya ekosistem dan memberikan stimulus agar anak lebih mencintai dan menanamkan kesadaran menjaga  alam yang asri sehingga akan menjadi kader-kader yang akan menggantikan generasi berikutnya.

Penulis: Ni’matin Wafiyah








No comments :

Post a Comment