KKN Ipmafa Desa Sumberejo Gerakkan Pengolahan Limbah Sampah Organik



Sumberejo - Tim KKN IPMAFA AL-Farouq Desa Sumberejo Kecamatan Jaken Pati tidak ketinggalan dalam program pemberdayaannya. Mereka melakukan sosialisasi, pelatihan kader dan launching program unggulan kepada masyarakat, Minggu (19/8/2018). Program unggulan tersebut adalah pengolahan limbah sampah organik menjadi barang yang bermanfaat berupa pupuk. 

Limbah sampah yang dapat dimanfaatkan meliputi sampah kotoran ternak dan juga sampah pasar (buah dan sayuran). Sosialisasi, pelatihan kader, dan launching program dilaksanakan di Balaidesa Sumberejo Kecamatan Jaken Pati yang dihadiri kurang lebih 27 orang meliputi Jajaran Perangkat Desa Sumberejo, warga desa sumberejo,  dan DPL KKN posko 15.

Bapak Susanto selaku Kepala Desa Sumberejo sangat mendukung adanya program unggulan dari teman-teman KKN posko 15 karena program itu sangat dibutuhkan warga desa Sumberejo. Sebagai wujud perhatian seriusnya, Susanto bersama seluruh perangkat desa Sumberejo mempercayai program unggulan tersebut dengan memberikan fasilitas tanah untuk mensukseskan  program yang akan dilakukan. 


Untuk program ini diberikan lahan tanah seluas 1 hektar persawahan, seperempat hektar untuk perkebunan dan area edukasi, dan 5x10 meter tanah tanaman obat. Dukungan kepada tim KKN ini diberikan dari berbagai pihak saat tim KKN melakukan sosialisasi di setiap RT, PKK, FGD dan lokakarya. Warga berharap adan kaderisasi dari desa Sumberejo yang nantinya akan menjadi penerus program unggulan dari teman-teman KKN.

Selanjutnya, Bapak Muhammad Nus Adi Yunus selaku Mentor Program Unggulan KKN AL-Farouq menyampaikan bahwa karena latar belakang mahasiswa IPMAFA tidak ada yang dari program studi pertanian. Jadi dibutuhkan pelatihan sebelum melakukan sosialisasi kepada warga desa Sumberejo. “KKN ini bukan sekedar KKN biasa yang hanya pindah tempat belajar saja, tapi bagaimana kalian bisa menciptakan hasil-hasil yang bermanfaat bagi kalian, Desa yang kalian tempati, juga kampus kalian sendiri.” tuturnya.

Motivasi dan dukungan dari berbagai pihak cukup membangkitkan semangat teman-teman KKN posko 15 Sumberejo. Hal itu yang menjadi pegangan mereka dan menanamkan jiwa untuk selalu bersyukur selama kegiatan KKN.  

Kontributor: Zumrotun

No comments :

Post a Comment