Tingkatkan Kualitas Hidup Anak Dengan Biasakan Hidup Bersih Sejak Kecil



“Perilaku cuci tangan dan membersihkan gigi harus mulai dibiasakan sejak kecil karena dapat menunjang kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup anak-anak di masa mendatang,” tutur Najichah koordinator bidang kesehatan KKN IPMAFA Desa Arumanis saat melatih cara sikat gigi dan cuci tangan yang benar kepada siswa SD Wungwung Desa Arumanis bekerja sama dengan tim Promosi Kesehatan (Promkes) Puskesmas Jaken, Jumat (10/8), bertempat di SD Wungwung Desa Arumanis.

Menurut Bu Lulus Bidan Desa Arumanis Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) selain dilatih di sekolah peranan orang tua sangat dibutuhkan untuk selalu mendampingi anak rajin Gosok Gigi dan cuci tangan. "Sikat gigi itu dua kali sehari, yaitu pagi hari bangun tidur dan malam hari saat akan tidur. Maka nanti kalau sudah sampai rumah ajak bapak dan ibu untuk gosok gigi dan cuci tangan dengan bersih," ujarnya.

Setelah mendapat pemahaman tentang cuci tangan dan gosok gigi yang benar seluruh siswa diajak untuk mempraktekkan sikat gigi dan cuci tangan yang benar.

Antusiasme siswa sangat terlihat dari kesediaan  seluruh siswa dari kelas satu sampai enam untuk mengikuti kegiatan dan antri mengambil air satu cangkir untuk praktek gosok gigi. Siswa diajak untuk menghemat air karena di kecamatan Jaken saat musim ini air sangat berharga.

Selain kegiatan tersebut, bu Yeti dari Tim Promkes Puskesmas juga mengingatkan kepada siswa agar berhati-hati dalam memilih jajanan di sekolah. Melalui layar proyektor diperlihatkan tipe jajanan kurang sehat yang ada di sekolah hingga akibat yang nantinya akan ditimbulkan. (fiq)

Kontributor: Rofiq

No comments :

Post a Comment