KKN Desa Sukorukun Fasilitasi Pendirian TPQ Takhasus Ibu-Ibu


Mahasiswa KKN Ipmafa menggarap serius kegiatan mengaji di beberapa mushola di Desa Sukorukun Jaken Pati. Dari hasil FGD mahasiswa dan masyarakat setempat, masyarakat mengusulkan diselenggarakannya kegiatan Ngaji dengan materi alQuran dan fiqh. Kegiatan mengaji pun dilaksanakan di tujuh musola desa.

Dalam perkembangannya, partisipasi peserta ternyata semakin meningkat sehingga masyarakat mengusulkan untuk mengformalkan lembaga TPQ tersebut dengan nama TPQ Takhassus. Pada 9 September 2018 akhirnya TPQ Takhasus diresmikan oleh masyarakat dengan dihadiri perangkat desa.

Untuk keberlanjutannya, para pengurus diberikan SK pengangkatan dengan kepala TPQ Ibu Lilik Khariroh. Sementara para guru yang akan mengajar berasal dari warga setempat dan sudah bersertifikat Qiroati. Untuk permulaan, peserta yang mendaftar secara resmi sebanyak 30 orang dari kalangan ibu-ibu berusia kisaran 35 tahun.

Pendirian TPQ ini tentu sejalan dengan salah satu pilar KKN IPMAFA dalam bisang sosial keagamaan dimana masyarakat dapat digerakkan dalam wadah sosial yang kondusif dan dapat menyebarkan kultur keagamaan yang positif.



No comments :

Post a Comment