Sosialisasi PHBS Di Desa Mojolampir Jaken Pati


Mojolampir - Mahasiswa KKN Ipmafa peduli dengan kesehatan masyarakat dengan menyelenggarkan sosialisasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) kepada masyarakat di desa Mojolampir Jaken (7/9/2018). Sosialisasi bertempat di SDN Mojolampir dan diikuti oleh para siswa SD kelas 3, 4 dan 5 yang berjumlah 70 siswa. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Tim KKN Posko 20 Desa Mojolampir bekerja sama dengan Puskesmas Jaken dan Bidan Desa Mojolampir

Sosilisasi ini bertujuan memberikan pemahaman pentingnya menerapkan pola hidup sehat seperti cuci tangan menggunakan sabun, memperhatikan kebersihan bak mandi, tidak buang air besar sembarangan, tidak jajan sembarangan, membuang sampah pada tempatnya dan sebagainya.

Dalam kesempatan itu dilakukan pemutaran flashback video-video kegiatan yang sudah pernah dilaksanakan tim mahasiswa KKN bersama anak-anak Desa Mojolampir yang sudah didokumentasikan.

Materi PHBS disampaikan oleh Ibu Yetti Dwi Oktaviana didampingi Endang Yuni Astuti dari UPT Puskesmas Jaken. Yetti menyampaikan bahwa Perilaku Hidup Bersih dan Sehat adalah kebiasaan seseorang untuk mencegah penyakit dan menjaga lingkungan sekitarnya agar sehat.

Setidaknya ada empat manfaat menerapkan PHBS di sekolah, diantarnya meningkatkan kesehatan dan tidak mudah sakit, meningkatkan semangat belajar, meningkatkan produktivitas belajar serta menurunkan angka absensi karena sakit.

PHBS juga disampaikan dalam bentuk audio visual tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya, bahayanya BABS (Buang Air Besar Sembarangan), bahaya jajan sembarangan serta pentingnya menjaga pola hidup yang sehat dengan menjaga kesehatan tubuh.

Kegiatan dilanjutkan dengan praktek cuci tangan dengan benar yang disampaikan oleh Aprilia Kusumawati sebagai Bidan Desa Mojolampir.













No comments :

Post a Comment