Tim KKN IPMAFA 08 Sukses Launching Madrasah Diniyah di Desa Lundo Jaken Pati


Lundo (14/09/2018), Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) di tahun 2018 ini berhasil melaunching pendirian Madrasah Diniyah “Darul Muttaqin” di Desa Lundo Kecamatan Jaken Pati. Acara launching dibuka langsung oleh kepala desa Lundo Denny Augus Cahyana dengan memotong pita pada plang Madin. Acara ini berlangsung khidmah dan lancar sampai akhir dan disaksikan oleh perangkat serta tokoh agama dan  masyarakat umumnya,

Tim yang diketuai oleh Muhlis mahasiswa Prodi Zakat Wakaf beserta sepuluh anggota lainnya yaitu Muntoha, Mujab, Jauharotul, Ari setyani, Towi Asih, Etik Setyowati, Ika Purwati, Inarotul haniah, Siska Erviani, dan Ristiani itu pada awal bulan Agustus 2018 terlebih dahulu mengumpulkan beberapa pihak dalam FGD. Mereka yang merupakan stakeholder ini meliputi Dosen Pembimbing Lapangan, pihak pemerintah desa, tokoh-tokoh masyarakat bermusyawarah tentang pentingnya perintisan Madrasah Diniyah (Madin) di Desa Lundo, mengingat pengetahuan ilmu agama anak-anak di desa Lundo masih tergolong rendah dan belum ada lembaga formal yang mewadahi tersebut.

Inisiasi pendirian Madin tersebut mencakup segala bidang, tidak hanya proses perizinan pendirian akan tetapi juga membantu melengkapi administrasi, kitab-kitab yang diajarkan dan manajemen mulai mengurus ke pihak Yayasan Kusuma Anyelir Muttaqin yang menaungi Madin serta juga mengadakan orientasi manajemen tata kelola Madrsah Diniyah pada para ustadz-ustadzah Madin dengan mendatangkan Bapak Ali Mansyur SPdI selaku Kordinator Kurikulum FKDT (Forum Komunikasi Madrasah Diniyah Takmiliyah) Kabupaten Pati.

Di awal pendirian ini, Madin tersebut sudah menerima 30 santri pendaftar dari siswa usia 9 sampai 15 tahun. Jadwal masuknya setelah TPQ selesai yaitu Pkl 16.00 sore sampai 16.45wib

Menurut Bapak Jamhari selaku modin dan tokoh agama Desa Lundo menuturkan bahwa Madin ini sudah lama dinantikan oleh masyarakat Lundo karena bermanfaat sekali bagi anak-anak Desa Lundo agar lebih mengetahui dan mengamalkan hukum dan ajaran Syari’at  Islam, membentuk karakter budi luhur anak serta diharapkan juga menjadi tumpuan utama dalam proses peningkatan kualitas keislaman masyarakat desa Lundo di masa yang akan datang.



No comments :

Post a Comment