Garap Sektor Ekonomi Berbasis Potensi Lokal, KKN Ipmafa Dampingi Produksi Sabun di Desa Plaosan


Tim KKN Ipmafa desa Plaosan Cluwak memiliki program pengembangan ekonomi berbasis potensi lokal yaitu pembuatan sabun mandi dan sabun cuci piring yang terbuat dari bahan dasar buah pepaya. Untuk itu, tim KKN melakukan fasilitasi dengan mengadakan pelatihan pembuatan sabun mandi yang bertempat di Balai Desa Plaosan (16/08/19).

Peserta pelatihan terdiri dari ibu-ibu PKK dan Kelompok Wanita Tani (KWT) desa Plaosan. Pelatihan pembuatan sabun ini bertujuan agar dapat meningkatkan ekonomi warga dengan memanfaatkan limbah sekitar. Buah pepaya yang berlimpah dan biasanya hanya dimakan, kini bisa diolah menjadi sabun. Dengan begitu desa Plaosan memiliki produk yang nantinya dapat menambah perekonomian masyarakat. 

Alhamdulillah, antusias ibu PKK dan KWT sangat besar. Bapak H. Kuslan SPd selaku Kepala Desa Plaosan sangat berterima kasih dengan diadakannya pelatihan ini. Ia berhadap pelatihan ini tidak berhenti sampai disini. Selanjutnya, Tim KKN Ipmafa Plaosan juga akan memberi pelatihan pengemasan sabun mandi dan sabun cuci piring beserta menajemennya.

No comments :

Post a Comment