KKN Ipmafa Desa Gerit Ajak Guru PAUD Bikin APE dari Bahan Bekas

Berita Ipmafa – Semua serba bisa dibuat di era yang semakin kreatif saat ini. Seperti halnya KKN Ipmafa Desa Gerit yang mengajak para Guru PAUD di sana untuk membuat Alat Permainan Edukatif (APE) dari kardus bekas untuk kemudian disulap menjadi APE Box Mystery pada Senin, (19/8). Adapun tujuannya tak lain adalah supaya anak semakin bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di PAUD.
Ya, itulah namanya, APE Box Mystery. Meski bahan bakunya dari barang bekas namun ketika sudah selesai proses pengerjaannya, seketika itu namanya berubah menjadi keren.
“Dalam kegiatan pelatihan pengembangan APE tersebut para guru mendapatkan wawasan tambahan bagaimana caranya membuat APE dan mengembangkannya dengan memanfaatkan barang bekas sebagai bahan utama dan mengemasnya menjadi media belajar yang apik supaya anak semangat dalam pembelajaran atau bermain,” tutur Koordinator KKN Ipmafa Desa Gerit.
Kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja pilar pendidikan untuk meningkatkan skill guru PAUD dalam pengadaan APE. Pada tahap proses pembuatannya, Tim KKN Ipmafa memberikan contoh pembuatan APE Box Mystery. Bermodalkan kardus bekas, sedikit modifikasi dalam pengemasan dan tampilan dengan ornamen yang menarik dari potongan kertas asturo. Ornamen dapat bervariasi tergantung dari kreasi masing-masing guru yang membuat.
Box Mystery ini sendiri dapat digunakan untuk beberapa tema dan sub tema dalam pembelajaran tergantung bentuk ornamen yang ditempel di Box Mystery tersebut. Jadi dapat dikatakan APE ini multifungsi atau serbaguna.
Kegiatan ini diikuti oleh para guru dari lima lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yaitu TK Nusa Indah, TK Tunas Bangsa, POS PAUD Tunas Bangsa, RA Manba’ul Falah & KB Manba’ul Falah.

No comments :

Post a Comment