Parenting Digital Untuk Masa Depan Anak Bersama Mahasiswa KKN Ipmafa


Gadget dapat berdampak positif dan negatif bagi kehidupan masyarakat khususnya anak-anak. Pengguanaan gadget dapat berdampak positif jika sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan. Sebaliknya, gadget akan berdampak negatif jika tidak paham tentang cara penggunaanya dengan baik. 

Hal itu mendorong mahasiswa KKN untuk melakukan kegiatan parenting kepada masyarakat desa Ngawen Cluwak Pati (14/08/2019). Peserta terdiri dari para orang tua siswa TK Dharma Wanita, KB Belia, KB Srikandi dan Kepala Sekolah TK. Kegiatan berjalan lancar dengan narasumber Miftahul Munif MA.

Munif menyampaikan bahwa penggunaan gadget yang berlebihan berdampak psikologis terhadap perkembangan anak meliputi turunnya konsentrasi, malas membaca dan menulis, efek candu, mengurangi kemampuan analisa, suka berfikir dangkal, kurang bersosialisasi, dan dapat terkena penyakit mental. Selain itu juga berdampak secara kesehatan seperti kerusakan mata, mengganggu pendengaran, sulit tidur, dan gangguan sistem motorik dan sensorik.

Harapan diadakannya program seminar digital parenting ini adalah agar para orang tua sadar dan mengetahui akan pentingnya membatasi anak dalam menggunakan gadget, misalnya dengan cara mengontrol penggunaan hp/gadget  pada anak, memberikan batas waktu pada anak dalam bermain gadget, dan orang tua dapat meluangkan waktu untuk bermain dengan anak.


No comments :

Post a Comment