Peran Dunia Pendidikan Dalam Menumbuhkan Ekonomi Kreatif di Era New Normal


KKN MDR Astagina Ipmafa terus mengupayakan kegiatan KKN terlaksana secara maksimal sehingga bermanfaat bagi masyarakat luas. Meski hampir di semua kegiatannya dilakukan secara online tanpa melibatkan banyak orang dan penuh keterbatasan, tim mahasiswa KKN ini tetap berusaha program-program yang sudah direncanakan bisa tercapai sesuai jadwal.

Setelah sebelumnya mengadakan podcast dengan pihak Yutaka Farm Pasucen (9/11/2020) yang membincang perkembangan wisata lokal di era new normal, kali ini KKN MDR Astagina IPMAFA mengadakan kegiatan JIDAR (Ngaji Daring) dengan mendatangkan narasumber kondang yakni Ibu Tutik Nurul Jannah MH (13/11/2020). Kegiatan jidar ini mengangkat tema "Peran dunia pendidikan dalam menggerakkan ekonomi kreatif di era new normal."

Narasumber yang akrab disapa Bu Tutik ini memaparkan tentang tantangan utama saat situasi diliputi pandemi. Tantangan pertama adalah dampak dari pandemi ini yang sangat mempengaruhi sisi kehidupan manusia, termasuk pendidikan dan ekonomi. Tantangan kedua yaitu dunia pendidikan untuk dapat memerankan dirinya secara efektif agar bisa menggerakkan ekonominya.

Sejarah membuktikan bahwa dunia pendidikan selalu memiliki peran yang cukup signifikan dalam ikut serta memberi pemahaman masyarakat untuk beradaptasi dan juga bertahan dalam situasi seperti ini melalui inovasi-inovasi. Menurutnya, inovasi merupakan kata kunci untuk beradaptasi dan bertahan dalam kondisi new normal ini.

Dalam kesimpulannya, peran-peran pendidikan dalam menggerakan ekonomi kreatif meliputi tidak hal. Pertama, dunia pendidikan bisa menjadi inspirasi dalam inovasi usaha. 

Kedua, dunia pendidikan bisa menjadi salah satu pembuka jejaring ekonomi karena di salam pendidikan terbangun hubungan sosial yang baik. Jejaring ekonomi ini dapat ditemukan antara sesama teman dan siswa, guru dan murid, guru dan walimurid, atau rekan kerja yang lain.

Ketiga, pendidikan juga dapat melakukan optimalisasi media dalam mempromosikan produk dan meningkatkan layanan terhadap konsumen. 

Posting Komentar

0 Komentar