Tingkatkan Ekonomi Masyarakat di Masa Pandemi, KKN Astagina Ipmafa Lakukan Pemberdayaan Ekonomi Digital

 


KKN Astagina Ipmafa mengangkat tema "Strategi Menggerakkan Energi Ekonomi Masyarakat di  Era New Normal" dengan berbagai program pengembangan masyarakat. Sesuai temanya, mahasiswa KKN yang terdiri dari lintas Prodi tersebut menekankan program yang berkaitan dengan penguatan ekonomi masyarakat selama pandemi. Hal ini dirasa penting mengingat dampak Covid-19 terhadap ekonomi masyarakat begitu luar biasa karena terjadinya pembatasan kegiatan di semua sektor. 

Hampir semua instansi, perusahaan dan lembaga pendidikan menerapkan kebijakan work from home (WFH) yang menyebabkan lambatnya kegiatan ekonomi di masyarakat. UMKM, toko retail, warung, dan usaha kecil lainnya yang biasanya beroperasi normal langsung terdampak sehingga mengakibatkan banyak usaha menurun drastis atau bahkan gulung tikar. Mereka yang bekerja dengan menggantungkan lembaga pendidikan juga otomatis tidak bisa lepas dari dampak ini. Tidak sedikit mereka yang banting setir mencari dan membuka usaha lain.

Kebijakan WFH ini bagi sebagian masyarakat tentu cukup merepotkan karena prakteknya membutuhkan skill pemanfaatan media digital dan wawasan internet. Bagi yang tidak terbiasa tentu akan semakin bingung dan cenderung menyalahkan situasi karena kondisi semakin memburuk. Di sinilah dimana mahasiswa KKN Ipmafa berfikir keras dalam memberi jalan keluar terhadap situasi ini. Mereka melihat akan pentingnya pendampingan masyarakat dalam hal pembangunan ekonomi digital yang kreatif. Masyarakat tidak akan bisa langsung cepat berwirausaha di tengah arus ekonomi digital yang serba online tanpa adanya pendampingan yang serius dan intensif. 

Untuk itulah, mahasiswa yang tergabung dalam kelompok KKN Astagina Ipmafa membuat berbagai program pendampingan masyarakat yang fokusnya pada pembangunan ekonomi digital. Pembangunan ekonomi digital ini prakteknya memberikan program yang menyeluruh kepada masyarakat supaya mereka mampu berkompetisi di dunia online secara lincah (agile). Program ini meliputi program brainstorming tentang bisnis online, pembuatan lapak online di berbagai platfom, skill digital marketing yang dibutuhkan dalam usaha, sampai dengan pendampingan teknis dari mentor-mentor yang profesional.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar