Sinergitas Program KKN IPMAFA Kecamatan Keling, Sekcam: Seimbangkan Tiga Sektor Pariwisata

 

Redaksi IPMAFA, Damarwulan – Dalam rangka membangun sinergitas program kerja, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) Pati melakukan koordinasi dengan Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Keling Kabupaten Jepara, Lulut Andi Ariyanto di Cafe Maisyah 2 Desa DamarwulanSabtu lalu (19/8/2023).

Dalam hal ini, Mahasiswa KKN IPMAFA diwakili oleh delapan Koordinator Desa (Kordes) dan 1 (satu) Koordinator Kecamatan (Korcam) KKN yang bertugas di Kecamatan Keling.

Selain membangun sinergitas, kegiatan ini juga dikhususkan untuk berbagi informasi yang berkaitan dengan kondisi setiap desa yang ditempati oleh masing-masing kelompok Mahasiswa KKN IPMAFA.

Dalam koordinasi tersebut masing-masing Kordes KKN juga berkesempatan memaparkan progres program kerja yang dijalankan di hadapan Sekcam Keling untuk mendapatkan tanggapan.

“Koordinasi ini juga membahas kaitannya dengan kegiatan KKN IPMAFA yang nantinya berskala kecamatan,” tutur Korcam KKN IPMAFA, Ulil Albab.

Ia menjelaskan kegiatan serupa akan dilakukan secara berkala sesuai dengan progres dan kebutuhan pada waktu yang akan datang.

Lulut menggarisbawahi program yang berkaitan dengan pariwisata harus memperhatikan sektor ekonomi, lingkungan dan infrastruktur, serta membangun konsep pariwisata yang autentik desa agar tetap terjaga dan sesuai karakter aslinya.

Sebuah konsep supaya pengunjung dapat menikmati wisata yang berbasis desa atau istilah yang dipakai adalah “wisata desa” bukan desa wisata. Tujuan dari hal tersebut untuk menampilkan bahwa sebuah wisata yang bertemakan desa harus bisa menyajikan suasana yang khas pedesaan, bukan yang mengadopsi karakter kekotaan,” terang Lulut.

Menurutnya wisata desa seperti itulah yang menjadi keinginan dari pengunjung yang datang ke tempat-tempat wisata untuk menikmati keasrian alam yang ada di desa. (M. Irfan Maulana, Tim KKN Tempura/Aen-02/Uha-01)

Posting Komentar

0 Komentar