KKN Tajungsari Tlogowungu Ajak Siswa Studi Banding Pengelolaan Sampah


Sabtu, 27 Agustus 2016 tim KKN IPMAFA Desa Tajungsari Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati bersama siswa dan guru Madrasah Asy’ariyah melakukan studi banding pengelolaan sampah di desa Juwanalan Kelurahan Pati Kidul. Peserta studi banding merupakan para siswa dan guru Madrasah Asy’ariyah yang akan mempraktekkan di sekolahan mereka. Selain dari pihak sekolah, kegiatan tersebut dihadiri pihak Kelurahan Pati Kidul.

Dalam studi banding para peserta diajak berkeliling ke lapangan untuk melihat secara langsung bagaimana proses pengolahan sampah organik dan anorganik.

Tindak lanjut dari kegiatan itu dilakukan kerjasama antara Tim KKN Tajungsari dengan kelompok Bank Sampah “Sumber Berkah” dalam pengelolaan sampah. Hal ini sesuai dengan tujuan dari studi banding tersebut yaitu untuk memberikan pengetahuan tentang pengelolaan sampah dan bagaimana menjadikan sampah yang tidak berguna menjadi sesuatu yang berharga dan nantinya diterapkan dalam program Shodaqoh Sampah di Madrasah Asy’ariyah.

Konsep shodaqoh sampah yang didirikan di madrasah tersebut hampir sama dengan konsep Bank Sampah. Hanya sedikit perbedaan yakni hasil dari sampah akan disimpan di sekolah dan di gunakan untuk kegiatan sekolah.

Shodaqoh sampah diterapkan di sekolah untuk menanamkan sikap peduli sampah dan cinta lingkungan sejak dini pada siswa sehingga nantinya mereka dapat menerapkan sikap tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

No comments :

Post a Comment