Mahasiswa KKN Desa Gembong Bantu Dirikan Bank Sampah Desa

Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) Pati mengadakan peresmian Bank Sampah yang mereka namakan “SEBAR” yakni Sentul Barokah di Desa Gembong, Kecamatan Gembong Pati, Senin (22 /8).  Peresmian dihadiri oleh para kader Bank Sampah SEBAR yaitu Ketua RT, kelompok KKN dan masyarakat yang menjadi sasaran kegiatan.

Peresmian bertempat  di rumah Suwarti, Ketua Bank Sampah terpilih dengan dipandu oleh Lum’atun Nadzifah, koordinator KKN desa Gembong. Dalam rangkaian acara itu juga dilakukan acara gunting pita yang dihadiri warga RT 01 RW 03 Desa Gembong, Rabu (31/8).

Berdirinya bank sampah ini menunjukkan suksesnya program unggulan tim KKN IPMAFA Pati desa Gembong dalam program pelestarian lingkungan yang menjadi progam KKN IPMAFA. Selain mengurangi jumlah barang bekas yang terbuang secara percuma, masyarakat juga mendapatkan wawasan tentang pola pikir mengubah sampah yang tidak berharga menjadi sesuatu yang lebih berguna serta menciptakan lingkungan  bersih dan sehat di desa Gembong. Dari itu juga akan tercipta sistem pengolahan sampah secara lebih modern.


Untuk mendukung lancarnya program pengelolaan sampah tersebut, kelompok KKN IPMAFA bekerja sama dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pati. Kepala BLH Pati, Ir. PURWADI MM pun memberikan hibah berupa tempat sampah tunggal sejumlah 20 Unit, buku tabungan bank sampah 25 eksemplar, slip setoran bank sampah 2 buah, dan alat biopori 2 unit. Hal ini juga menunjukkan suksesnya upaya mediasi tim KKN kepada masyarakat dengan BLH Pati yang memiliki fokus gerakan pelestarian lingkungan.

Dalam pengelolaannya, masyarakat didorong untuk menabung sampah yang mereka miliki, kemudian tabungan tersebut ketika terkumpul pada akhirnya dapat dicairkan dalam bentuk uang. Dengan demikian kegiatan tersebut dapat memupuk kesadaran diri masyarakat akan pentingnya menjaga dan menghargai lingkungan, hidup sehat, rapi dan bersih.

Nur Kholis SE, Kepala Desa Gembong mendukung penuh program pendirian bank sampah tersebut dan merekomendasikan bahwa tahap awalnya program bank sampah cukup dilaksanakan di beberapa lokasi saja sebagai sampel meliputi RT 01 RW 03 dan RT 04 RW 02.


Tim KKN IPMAFA Gembong yang mengawal progam pengelolaan sampah ini terdiri dari gabungan sejumlah mahasiswa lintas Prodi yaitu Lulum dan Jinan dari Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Ela dan Nia dari Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, (PGRA) Farid, Danik dan Martha dari Pendidikan Bahasa Arab (PBA), serta Ana dari Perbankan Syariah (PS).

No comments :

Post a Comment