Perkuat Akses Informasi, Desa Suwatu Bangun Website Desa



Perkembangan teknologi dan mudahnya akses informasi mendorong pemerintah desa Suwatu Kecamatan Tlogowungu untuk memiliki situs desa yang akan digunakan dalam menyebarluaskan informasi desa secara online. Transparansi terkait akses informasi desa juga merupakan amanah dari Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Hal ini direspon baik oleh mahasiswa KKN IPMAFA dengan menfasilitasi pembuatan website resmi desa Suwatu sekaligus menyelenggarakan pelatihan pengelolaan website kepada admin yang menjadi penanggungjawabnya. Website desa Suwatu resmi aktif dengan alamat www.suwatu.desa.id yang secara berkala akan menyuguhkan informasi terkait desa Suwatu.

Agar pengelolaan website dapat berjalan secara kontinu, pemeliharaan website dipegang langsung oleh beberapa perangkat desa yang diserahi tugas menjadi admin. Mereka lah yang bertanggung jawab mengelola dan melakukan update website secara berkelanjutan.

Dalam pengoperasiannya Tim KKN menggandeng Pusat Sumberdaya Informasi dan Komunikasi (PSIK) IPMAFA untuk memberi pelatihan website kepada calon admin desa, Sabtu (3/9). Bertempat di balaidesa Suwatu, pelatihan dihadiri  empat perangkat desa yang menjadi admin website dan juga para mahasiswa KKN IPAMAFA yang sekaligus ikut belajar teknis pengelolaan website.

Kepala PSIK, Isyrokh Fuaidi yang menjadi narasumber menjelaskan banyak hal terkait fungsi website dan seluk beluk teknis pengoperasian website desa agar berfungsi optimal. Dengan adanya website desa ini Isyrokh berharap dapat menjadi media informasi kepada warga desa setempat sekaligus media promosi agar potensi-potensi desa Suwatu diketahui publik secara lebih luas.

No comments :

Post a Comment