Semangat Mahasiswa Yang Tak Pernah Pudar


KKN Pemberdayaan IPMAFA sebenarnya merupakan program yang cukup serius. Bagaimana tidak, progam KKN ini akan menggarap 5 pilar permberdayaan meliputi pendidikan, ekonomi, pelestarian lingkungan, kesehatan, dan sosial keagamaan. Masa tinggal KKN pun tidak sebentar, mahasiswa harus tinggal selama satu setengah bulan ditambah pembekalan dan observasi selama dua minggu lebih. Praktis durasi untuk kegiatan KKN di IPMAFA itu dua bulan.

Belum tantangan-tantangan lain yang sangat bermacam-macam ketika observasi maupun live in KKN nanti. Mahasiswa akan diuji kekompokannya (teamwork), komunikasinya dengan masyarakat yang memiliki budaya dan karakter berbeda-beda, kesehatannya dengan tinggal di lingkungan dan suasana baru, bahkan keluarganya. Tidak jarang peserta KKN menyandang status ibu hamil atau bahkan sambil membawa anak kecil yang tidak mungkin ditinggalkan. Sebenarnya masih banyak lagi lika-liku mahasiswa KKN yang kerap didengar dari cerita para senior yang tidak dapat diceritakan satu persatu.

Namun demikian, kegiatan yang serius tersebut tidak membuat para mahasiswa KKN kehilangan semangat dan keceriaannya. Serius dalam menjalankan program, ceria dalam bersikap. Mungkin itu prinsip yang dipegang. Di sela-sela presentasi program kerja pun mereka sempat melakukan yel-yel kelompok sehingga menjadikan suasana yang lebih cair.

Bisa jadi, semua itu untuk menyeimbangkan antara otak kiri yang cenderung logis, dengan otak kanan yang cenderung intuitif. Bagaimanapun, semangat dan kedewasaan tersebut perlu dijadikan contoh dalam menanamkan prilaku yang positif sehingga dapat ditiru oleh adik-adik juniornya kelak.

#REPORTASE_KKN_2017













No comments :

Post a Comment