TOT DPL IPMAFA Tekankan KKN Pemberdayaan


Pelaksanaan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) IPMAFA selalu disiapkan semaksimal mungkin agar misi KKN untuk menjadikan masyarakat yang berdaya dan mandiri dapat tercapai.

Untuk itu, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IPMAFA menyelenggarakan Training of Trainer (ToT) bagi semua Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang berjumlah 20 orang (11/7/2017). ToT dihadiri para DPL, para Wakil Rektor dan tim penyelenggara KKN.

ToT ini bertujuan memberikan pembekalan kepada seluruh DPL agar memiliki kesamaan konsep dan pandangan terkait program KKN IPMAFA yang berbasiskan pemberdayaan. DPL akan mendampingi mahasiswa yang akan melaksanakan KKN pada 1 Agustus - 15 September 2017 di Kecamatan Winong.

Wakil Rektor II Dr Ali Subhan dalam sambutannya menyampaikan bahwa ToT ini wajib diikuti oleh DPL mengingat pentingnya program tersebut demi kesuksesan penyelenggaraan KKN IPMAFA. DPL dan mahasiswa yang melaksanakan KKN harus memiliki kesamaan pandangan dan pengetahuan terkait KKN.

Sementara Sri Naharin MSI yang menjadi narasumber menjelaskan secara lengkap tentang konsep KKN Pemberdayaan IPMAFA yang berlandaskan lima pilar. 5 pilar tersebut meliputi pembangunan ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan sosial keagamaan. Pilar terakhir terkait program sosial keagamaan merupakan point baru dalam KKN 2017 ini karena pada tahun sebelumnya tidak dijadikan program pokok dalam KKN.

Naharin juga menekankan bahwa KKN harus memberikan kontribusi dan kemanfaatan kepada masyarakat sehingga menjadikannya unik dan mengesan di hati masyarakat. Oleh karena itu perlu membangun kreatifitas dalam membuat program dan kegiatan.

Selanjutnya di sesi terakhir, Ketua Panitia KKN Isyrokh Fuaidi menyampaikan hal-hal terkait tugas dan fungsi pokok DPL selama KKN berlangsung. Selain itu, kode etik mahasiswa yang harus dipatuhi juga dijelaskan agar perilaku mahasiswa sesuai dengan norma dan aturan masyarakat yang berlaku.


No comments :

Post a Comment