KKN IPMAFA Ajarkan Pendidikan TPQ Pada Anak-Anak Desa Pulorejo Winong


Pati – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Pemberdayaan Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) yang bertempat di Desa Pulorejo, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati menjalankan salah satu program kerja pilar pendidikan dengan mengajar kegiatan TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) di Masjid Al-Ikhlas Dukuh Mblibak belum lama ini. (Rabu, 23/08/2017).

Kegiatan yang berlangsung setiap hari Senin, Rabu dan Kamis ini dilakukan dengan penuh semangat oleh anak-anak TPQ. Pengajaran yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN IPMAFA ini menggunakan metode Yanbu’a yang mana menyesuaikan kurikulum metode yang telah ada disana.

“Saya sangat senang sekali dapat mengamalkan ilmu saya kepada anak-anak, melihat begitu responsif dan antusiasnya ketika saya mengajar di kelas Al-Qur’an”. Tutur Lia salah satu mahasiswi KKN.

Jumlah murid yang kurang lebih 70 anak ini dibagi menjadi enam kelas yang dipisah sesuai dengan jilidnya masing-masing. Pengajaran yang dilakukan ini meliputi; Fasholatan, doa-doa, makhorijul huruf, tajwid dan surah pendek (Juz Amma).  

Menurut Rohmatur Rizqi Amalia, kegiatan mengajar mengaji kepada anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar sangatlah menyenangkan, selain mudah dikondisikan anak-anaknya sarana-prasananya pun mendukung. Salah satu faktor yang mempengaruhi berhasilnya (betah) seseorang dalam belajar adalah lokasi yang nyaman dan mudah dijangkau. Jelas mahasiswi yang sekarang duduk di bangku perkuliahan jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) yang akrab disapa Lia.


“Kegiatan TPQ yang dimulai jam dua siang ini dibuka dengan berdoa bersama, dan dilanjutkan dengan mengaji. Berhenti sejenak ketika telah memasuki adzan sholat ashar dan jamaah bersama, kemudian dilanjutkan mengaji kembali dengan diisi materi-materi yang telah terjadwalkan. Setiap hari kegiatan TPQ berputar seperti itu”. Tutur salah satu guru yang mengajar disana. (Amir)

Sumber: Jateng Pos, Sabtu, 26 Agustus 2017

No comments :

Post a Comment