KKN Mintorahayu Sosialisasikan Aplikasi Tanaman Herbal

Kesehatan masyarakat adalah hal penting dalam kehidupan karena menjadi salah satu tolok ukur kesejahteraan desa. Hal ini yang menjadikan pertimbangan penting para mahasiswa KKN kelompok 10 desa Mintorahayu mengadakan kegiatan sosialisasi aplikasi tamanan herbal untuk kesehatan. Kegiatan sosialisasi berlangsung pada hari Selasa tanggal 29 Agustus 2017 di balai desa Mintorahayu dengan narasumber Ibu Luluk Zulfa Agustin.
Tujuan kegiatan ini untuk memberikan wawasan kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan pekarangan rumah yang ada untuk ditanami tanaman-tanamaan herbal sehingga dapat diolah menjadi obat rumah atau tanaman obat keluarga (Toga).
Fitri Auliya, salah satu anggota tim KKN Dasarahayu melakukan observasi pra KKN menemukan fakta bahwa di desa Mintorahayu letaknya jauh dari klinik atau apotek yang menyediakan obat secara instan. Maka warga desa ini butuh cara alternatif untuk mendapatkan obat dengan mudah. Berangkat dari hal ini, tim KKN IPMAFA desa Mintorahayu melakukan sosialisasi pemanfaatan tanaman herbal seperti jamu-jamuan. Selain hal itu sangat dibutuhkan masyarakat, obat herbal tentu lebih ekonomis dan aman dibanding obat-obatan dari kimia.
Sehat itu dari diri kita sendiri, begitu juga sebaliknya. Maka kita harus menjaga kesehatan diri. Pikiran dan tubuh itu mempengaruhi kesehatan dan penyakit yang muncul” jelas Luluk

No comments :

Post a Comment