KKN Rosela IPMAFA Terapkan Program Pendampingan IT Pada Guru SD 01 Sumbermulyo


Sabtu, 26/08/2017, Kelompok KKN Rosela IPMAFA memulai program pendampingan terhadap para guru SD 01 Desa Sumbermulyo dalam mengembangkan keterampilan dasar menggunakan Microsoft Office meliputi Ms. Word, Excel, Power point serta praktek pemanfaatan informasi dan teknologi yang mendukung media pembelajaran dan administrasi sekolah. Dengan adanya pendampingan ini diharapkan para guru SD kedepannya mampu memanfaatkan sarana prasarana media elektronik yang ada untuk mengembangkan kualitas pembelajaran.

Program ini muncul berdasarkan hasil observasi pra live in KKN bahwasannya di Sekolah sudah memiliki beberapa media elektronik yang cukup memadai seperti laptop, projektor, screen, dan hotspot internet. Namun para guru belum memiliki keahilan untuk memanfaatkan media elektronik tersebut.

Pelatihan ini diikuti 7 guru SD dan dinarasumberi oleh dosen media pembelajaran IPMAFA, Raodah MA.  Pelatihan mencakup keterampilan menggunakan Ms. Power Point dan video pembelajaran. Sementara Harum Sujiati Mahasiswa PIAUD IPMAFA melatih Ms. Excel, selebihnya keberlanjutan materi dan praktek didampingi oleh para mahasiswa kelompok KKN Rosela sendiri.

Setelah pelatihan ini akan dilakukan pendampingan intensif oleh mahasiswa agar keterampilan yang dibutuhkan benar-benar dikuasai para guru. Pemdampingan lanjutan dilaksanakan setiap hari Selasa, Rabu, dan Sabtu setelah jam belajar siswa usai.

Penguasaan media eletronik untuk mengakses informasi, teknologi, dan administrasi di era sekarang sudah menjadi keharusan setiap guru. Maka adanya program KKN IPMAFA ini disambut baik oleh Kepala SD 01 desa Sumbermulyo.

Karena untuk melahirkan murid-murid yang berprestasi dan berkarakter, tenaga pendidik harus profesional dan memiliki keterampilan yang memadai. Hadirnya para mahasiswa KKN IPMAFA untuk saling belajar media elektronik ini, sangat kami syukuri. Semoga bermanfaat bagi kami dan para mahasiswa pula.” Tutur Tahan MPd Kepala SD 01 Sumbermulyo dalam sambutanya.

No comments :

Post a Comment