KKN Serutsadang Bentuk Pengajian Rutin Bagi Walisantri TPQ


Salah satu program KKN yang digarap serius oleh tim KKN Desa Serutsadang adalah pemberdayaan bidang sosial keagamaan. Hal ini setelah dilakukan FGD dengan berbagai pihak khususnya tokoh agama dari masyarakat setempat yang mengusulkan beberapa fasilitasi kegiatan keagamaan.

Kegiatan rutin yang sudah mulai dijalankan adalah membentuk pengajian rutin bagi para wali santri TPQ desa Serutsadang (10/8/2017). Pengajian ini berangkat dari usulan warga yang melihat banyak ibu-ibu wali santri TPQ di sekitar musholla TPQ kurang memiliki kegiatan positif saat menunggu anak-anaknya sekolah TPQ. Maka mahasiswa KKN menfasilitasi inisiatif tersebut dan berkomunikasi dengan berbagai pihak khususnya ibu-ibu santri terkait penyelenggaraan pengajian.

Ternyata kegiatan tersebut mendapat respon positif dari masyarakat untuk ikut dalam pengajian yang rutin dilaksanakan setiap hari Kamis di mushola TPQ. Secara resmi pengajian dibuka pada 10 Agustus 2017 dengan dihadiri Kepala TPQ, ibu-ibu PKK, dan takmir masjid. Majlis pengajian diisi oleh tokoh agama H Rohmat dan sudah berjalan dua kali saat berita ini diturunkan (18/8/2017).

Dengan adanya pengajian rutin ini walisantri setidaknya memiliki waktu yang lebih bermanfaat daripada sekedar ngerumpi atau petan (mencari kutu antar teman) seperti yang biasa terjadi sebelumnya. "Saya senang sekali dengan program KKN ini. Sekarang para orang tua saat menunggu anaknya sekolah dapat sambil memiliki kegiatan positif dengan ikut pengajian.", terang H Rahmat.

Beberapa kegiatan keagamaan dan pendidikan lain juga diusulkan oleh masyarakat Serutsadang selama KKN seperti pelatihan pemandian jenazah perempuan yang diikuti oleh masyarakat dan ibu-ibu muslimat, Kamis (17/8/2017). Pelatihan diisi oleh Ibu Sutiah, ketua Muslimat Desa Serutsadang. Selain itu para mahasiswa KKN juga disibukkan dengan kegiatan bimbel untuk anak-anak yang selalu semangat mengikuti.


No comments :

Post a Comment