Selama 5 Tahun Sepi, Akhirnya Tahlil Kembali Didengungkan di Desa Klecoregonang


Untuk pertama kalinya selama 5 tahun, lantunan tahlil kembali didengungkan oleh masyarakat desa Klecoregonang Winong Pati (23/8/2017). Selama ini punden yang dipercaya masyarakat sebagai makam pendiri desa Klecoregonang tiap ada acara sedekah bumi selalu diisi dengan kegiatan kesenian dangdut.

Hal itu berangkat dari keinginan masyarakat untuk merubah budaya yang sudah berjalan bertahun-tahun. Akhirnya keinginan tersebut direspon dengan baik oleh mahasiswa KKN IPMAFA desa Klecoregonang dengan menfasilitasi kegiatan keagamaan berupa pengajian tahlil. Tujuan kegiatan tersebut untuk menanamkan budaya keagamaan yang baik dan mengganti kegiatan yang kurang positif dengan kegiatan yang bernilai.

Adanya kegiatan keagamaan tersebut tentu dengan perjuangan dan keberanian para mahasiswa KKN dalam komunikasi dengan berbagai pihak sehingga kegiatan keagamaan tersebut dapat diterima oleh masyarakat. Penguatan kegiatan tahlil tersebut juga termasuk menjadi salah satu program sosial keagamaan KKN IPMAFA selain permberdayaan ekonomi mikro, kesehatan, pelestarian lingkungan, dan pendidikan.

Tahlilan yang dipimpin oleh Bapak Rukin ini berjalan dengan lancar dan dihadiri para perangkat desa, santri dan guru TPQ Raudotul Falah, warga dan mahasiswa KKN IPMAFA desa Klecoregonang. 

No comments :

Post a Comment