Edukasi Media Online Untuk Masyarakat Desa Tanggel


Kemudahan arus informasi sekarang ini menjadikan media online menjadi perhatian bagi masyarakat desa Tanggel Winong Pati. Wawasan tentang media online dianggap memberikan banyak manfaat kepada masyarakat dan desa seperti pemasaran dalam bidang ekonomi, pemberitaan dalam bidang komunikasi, dan bahkan tatakelola yang baik dalam sistem pemerintahan desa.

Oleh sebab itu, atas usulan perangkat desa, tim mahasiswa KKN IPMAFA desa Tanggel Winong Pati menyelenggarakan pelatihan dan seminar tentang pemanfaat media online dan teknik membuat blog (30/9/2017). Acara diikuti oleh masyarakat setempat meliputi perangkat desa, pemuda karang taruna, penggerak PKK, siswa, dan tim KKN sendiri. Bertempat di balaidesa Tanggel, pelatihan diisi Isyrokh Fuaidi dari Pusat Sumberdaya Informasi dan Komunikasi (PSIK) IPMAFA.

Dalam penyampaiannya, Isyrokh menjalaskan banyak hal tentang pemanfaatan media online yang efektif dapat digunakan untuk mendulang pundi-pundi uang dengan modal yang tidak mahal. Media online selain efektif dan murah sebagai media komunikasi dengan masyarakat, media online dapat dimanfaatkan untuk menata pengelolaan sistem pemerintahan desa. 

Dengan media online, sebuah desa dapat mempublikasikan potensi-potensi desa yang dimiliki sehingga membantu akses pemerintah dalam program pengembangan ekonomi. Untuk bermain di media online, banyak hal yang dapat ditempuh seperti membuat website, blog, media sosial, video streaming, dan aplikasi android.

Pelatihan ini direspon positif oleh peserta yang hadir dengan beberapa pertanyaan yang disampaikan kepada narasumber. Setelah paparan dan sesi tanya jawab, forum diikuti dengan simulasi sederhana oleh perangkat desa dalam menggunakan blog sehingga wawasan tersebut dapat dipraktekkan secara langsung.

#REPORTASEKKN2017

No comments :

Post a Comment