KKN STAIMAFA Desa Sunggingwarno Selenggarakan Aksi Tanam 1000 Pohon

Pati (23/04/15), Aksi tanam 1000 pohon merupakan sebuah kegiatan yang saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, mengingat pohon-pohon yang telah punah akibat penebangan bebas. Hal tersebut mengakibatkan suasana desa menjadi panas dan tidak nyaman. KKN STAIMAFA 2015 desa Sunggingwarno Kecamatan Gabus kini menyelenggarakan aksi tanam 1000 pohon yang merupakan salah satu program penghijauan pada pilar lingkungan. 

Kegiatan ini dinamakan aksi tanam 1000 pohon dengan maksud penanaman pohon yang berjumlah banyak yang dilakukan oleh warga secara bersama-sama untuk menghijauakan lingkungan desa. Kegiatan ini bekerjasama dengan PT. GARUDA FOOD, dengan bentuk pemberian bibit yang berjumlah 550 batang serta dana operasional untuk membeli bambu sebagai pengaman bibit. 

Adapun bibit yang di gunakan adalah pohon mahoni yang berukuran tinggi 1 meter. Dan target lahan penghijauan adalah daerah persawahan desa, yang tepatnya di sepanjang jalan persawahan desa. Program ini muncul, berawal dari adanya potensi tanah sepanjang jalan persawahan desa yang sangat gersang dan panas, seingga pihak perangkat desa mengusulkan adanya program penghijauan.

Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 09.30 – 12.00, yang dihadiri olah pihak GARUDA FOOD dan juga TNI KORAMIL 19 yang diawali dengan simbolisasi penyerahan bibit dari pihak GARUDA FOOD kepada Kepala Desa yang dilaksanakan di lahan yang akan di tanami, dan dilanjutkan dengan penanaman pohon. Program penghijauan mahoni ini sangat di dukung oleh warga desa, terutama perangkat desa dengan bentuk partisipasi dalam penanaman pohon. seperti pernyataan ibu kepala desa “Kegiatan ini sangat bagus sekali untuk penghijauan desa. Dan saya berharap tanamannya bisa hidup dengan subur karna tanaman tersebut sangat berguna sekali untuk warga, pastinya kalau pohonnya sudah besar mungkin kayunya bisa di gunakan untuk pembangunan masjid-masjid dan bangunan desa lainnya”. statement dari pihak desa senada dengan tujuan dari tim KKN dalam penyelenggaraan kegiatan ini, yaitu berharap bisa berkelanjutan sehingga mampu menghijaukan desa dan juga menambah aset desa untuk masa depan.

No comments :

Post a Comment