Observasi Mahasiswa Mantapkan Program Pemberdayaan KKN


Mahasiswa IPMAFA yang menjadi peserta KKN tahun 2017 sudah mulai menyebar ke berbagai desa di Kec Winong pati. Dengan didampingi para DPLnya masing2, mereka melakukan observasi lapangan untuk menggali data dan informasi yang akan diolah menjadi program kerja KKN.
Observasi ini dilakukan selama dua minggu yaitu 15-31 Juli 2017, kemudian mereka  menetap (live in) selama 6 minggu di desa KKN untuk menjalankan program kerja yang telah dibuat.

Observasi wajib dilakukan oleh peserta KKN agar program yang direncanakan berdasarkan data dan potensi desa yang ada. Observasi ini pun dilakukan minimal tiga kali meliputi penggalian data dasar desa seperti monografi, profil desa dan masyarakat, pendalaman stakeholder untuk melakukan FGD, dan penetapan program kerja yang melibatkan berbagai pihak.

Program KKN IPMAFA ini memiliki konsep dan cirikhas yang berbeda karena menekankan lima sektor pemberdayaan. Lima pilar tersebut meliputi pembangunan ekonomi mikro, pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan sosial keagamaan.

Pada akhirnya, KKN IPMAFA diharapkan dapat mendorong kemandirian masyarakat dan menjadi masyarakat yang maju dan berkembang.

Posting Komentar

0 Komentar