KKN Dasarahayu : Ibu Rumah Tangga Juga Bisa Berwirausaha


Indonesia adalah negara dengan sumberdaya alam yang melimpah, bak kolam susu, kalau kata penyair. Namun hal ini tak lantas menjadikan masyarakat Indonesia makmur dengan mudah. Menurut databoks pada tahun terakhir ini, penggangguran di Indonesia berada di peringkat ketiga di Asia Tenggara. Hal ini dikarenakan minimnya kapasitas sumberdaya manusia untuk mengelola sumberdaya alam dengan baik.
Tetapi ini tidak lantas menjadi momok bagi orang-orang yang ingin maju dan sukses. Seperti yang sedang dikembangkan oleh masyarakat desa Mintorahayu melalui Pembinaan Keluarga Sejahtera atau PKK yang didampingi oleh mahasiswa KKN kelompok 10 desa Mintorahayu. Masyarakat diajak untuk berani mengembangkan potensi lokal sehingga menjadi olahan yang menghasilkan nilai jual untuk menunjang ekonomi keluarga.
Melalui kegiatan pelatihan pembuatan bolu ban kacang ijo dan pisang, ibu-ibu diberi pengatahuan tentang cara membuat bolu ban dengan bahan tambahan kacang hijau dan pisang. Hal yang menarik dari olahan ini adalah rasa dan kandungan gizi yang terdapat dari pisang dan kacang hijau. Olahan tersebut tentu mencuri perhatian masyarakat terutama anak-anak yang biasanya kurang menyukai pisang dan kacang hijau. Melalui olahan bolu ban ini, anak-anak menjadi suka. 
Kegiatan pembuatan bolu ban ini berlangsung di rumah salah satu anggota PKK (22/8/23017). Selain kegiatan pembuatan bolu ban, tim KKN Dasarahayu juga mengajak masyarakat membuat olahan susu kedelai. Hal ini dimanfaatkan karena di desa Mintorahayu terdapat lahan perkebunan yang ditanami kedelai. Untuk pelatihan pembuatan susu kedelai berlangsung pada sore hari pukul 15.30 WIB, di balai desa (5/9/2017).
Dua kegiatan tersebut sangat meriah karena melibatkan PKK dan masyarakat, khususnya ibu-ibu dan anak-anak. Selain membekali ibu-ibu dengan olahan menarik, ibu-ibu juga diberi tips-tips pemasaran supaya produk yang dibuat dapat dijadikan usaha sampingan untuk menunjang perekonomian keluarga. Harapannya semua itu agar masyarakat desa Mintorahayu tidak hanya bergantung pada mata pencaharian utama dari suami tetapi dapat menghasilkan hasil tambahan ekonomi sendiri.

#REPORTASE_KKNMINTORAHAYU_2017

Posting Komentar

0 Komentar