HASIL LOKAKARYA MINI KKN IPMAFA DESA SIDOMUKTI JAKEN PATI



Peserta KKN Ipmafa 2018 di desa Sidomukti Kecamatan Jaken Kabupaten Pati Jawa Tengah  menggelar acara lokakarya mini. Acara yang dilaksanakan di balai desa setempat, Sabtu (04/08/2018) ini diikuti oleh 25 orang dari perangkat desa, tokoh masyarakat dan pemuda-pemudi Karangtaruna. 
Dalam pemaparan program Erlina selaku Kordes KKN IPMAFA Sidomukti memaparkan lima pilar program KKN meliputi bidang pedidikan, ekonomi, kesehatan, lingkungan dan sosial-agama. Dalam program pendidikan, program KKN diwujudkan dalam program rumah pintar, kesenian operet, dan pramuka. Selanjutnya bidang ekonomi berupa pelatihan manajemen BUMDes, bidang kesehatan berupa sosialisasi PHBS & Gizi, dan AADS (Ada Apa dengan Susu Kental Manis). Sedangkan bidang lingkungan berupa manajemen sampah dan bersih desa, dan terakhir bidang sosial & agama dalam bentuk sosialisasi sadar lingkungan dalam perspektif fiqh sosial dan membentuk kelompok belajar ubudiyah untuk masyarakat. 
Dalam kesempatan tersebut Rujito (40) selaku Kepala Desa Sidomukti menyambut baik kehadiran mahasiswa KKN. Ia berharap mahasiswa KKN dapat bekerjasama dengan perangkat desa dan anak-anak muda Karangtaruna. “Silahkan bagi adik-adik peserta KKN kalau ada sesuatu yang membutuhkan bantuan berupa fasilitas seperti balaidesa dan sound systemnya bisa menghubungi saya atau perangkat desa, untuk kegiatan nanti bisa mengajak anak-anak sini untuk bergerak bersama. Semoga kegiatan-kegiatan positif akan lahir yang nantinya membawa manfaat bagi warga Sidomukti.” tuturnya. 
Dalam sesi tanya jawab peserta lokakarya mini menyampaikan apresiasi tentang kegiatan pendidikan yang diberi nama Rumah Pintar. Hal ini karena desa Sidomukti dibagi dua dukuh yaitu, Dukuh Kemangi dan Dukuh Ropoh. Ibu Darmi selaku tokoh masyarakat dari Muslimat Sidomukti berharap karena animo dari warga dusun Ropoh yang besar agar anak-anaknya bisa mengikuti kegiatan RumahPintar. Kegiatan Rumah Pintar ini diharapkan tidak hanya ada di dusun Kemangi saja tetapi juga diadakan di dukuh Ropoh ”Soalnya gini, dukuh ropoh itu untuk menuju ke dukuh Kemangi melewati tenggangan berupa kebun tebu dan sawah, sehingga harus diantar orang tua. Mohon kegiatan ini juga diadakan di dukuh Ropoh nanti tempatnya akan disepakati bersama”.
Rumah Pintar sendiri adalah kegiatan yang berkolaborasi antara peserta KKN dengan remaja Sidomukti yang sudah duduk di bangku SMA/SMK/ALIYAH untuk memberikan pembelajaran kepada anak usia SD dan SMP. Kegiatan ini di gadang-gadang akan dikembangkan bersama aset SDM yang ada di desa Sidomukti sehingga diharapkan akan mendapatkan fasilitas dan anggaran dari pemerintah desa.
 Dalam kesempatan yang sama Tim KKN Ipmafa juga menyampaikan pentingnya menjaga kebersihan. Berhubung di desa Sidomukti tidak tersedia TPA maka tim KKN Ipmafa akan menggandeng Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang DPUPR Kabupaten Pati bidang persampahan untuk manajemen sampah dan “Rembuk Sampah” bekerja sama dengan kelompok bank sampah “RESIK APIK KAJEN”. Dengan begitu akan ditemukan solusi tentang pengelolaan sampah yang baik. 
Selama ini kebanyakan masyarakat desa Sidomukti selama bertahun-tahun membuang sampah berupa pempers dan barang-barang yang tidak mudah terurai di sungai setempat. 

Kontributor: DhuhaSittuFitriana




No comments :

Post a Comment