Perpustakaan Keliling Untuk Tingkatkan Minat Baca Siswa Desa Mojolampir


Tim KKN IPMAFA Desa Mojolampir menggandeng Layanan Silang Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Pati (ARPUSDA Pati) dalam program Perpustakaan Keliling kepada para siswa SDN Mojolampir Jaken Pati (11/8/2018). Tujuan dari program ini untuk meningkatkan minat baca siswa desa Mojolampir. Kegiatan ini diikuti oleh para siswa SDN Mojolampir kelas 1 – 6 sebanyak 128 siswa. Acara dibuka oleh Ibu Suminah dari ARPUSDA.

Para siswa dipersilahkan memilih buku yang ada di dua mobil perpustakaan keliling untuk dibaca. Dengan pembimbing kelas 1 dari mahasiswa KKN IPMAFA Mila Charisma, kelas 2 dibimbing Sujinafiana Wati, kelas 3 dibimbing Erna Musrini, kelas 4 dibimbing Alfiatul Lutfiani, kelas 5 dibimbing Maria Ratna Lutfiana, serta kelas 6 dibimbing oleh Aminatur Rohimah. 

Mereka antri dengan tertib per dua kelas untuk memilih buku, semua siswa membaca buku yang disukai di teras-teras kelas bersama-sama dengan beralaskan tikar maupun sekedar duduk-duduk santai di atas kursi teras sambil membaca bukunya. Setelah sekitar 30 menit, semua siswa masuk ke kelas seperti semula, dua ruangan dijadikan satu. Lalu diputarkan video musik mengenai pentingnya membaca buku.

Untuk menambah kemeriahan acara, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan refreshing (senam) yang dikomando oleh Ibu Erning. Mulai dengan senam pinguin, baby shark, senam GERMAS (gerakan masyarakat sehat). 

Selain itu juga diputarkan film tentang pentingnya menggosok gigi. “Anak Indonesia itu GENIUS, gesit, empati, berani, unggul, sehat,” tambah Ibu Erning. Erning juga menuturkan bahwa GENIUS harus diajarkan dan ditumbuhkan oleh peserta KKN IPMAFA Posko 20 selaku agen penggerak perubahan yang ada di Desa Mojolampir.




No comments :

Post a Comment