KKN Ipmafa Garap Pendirian UPZ Desa Ronggo Jaken Pati



KKN IPMAFA desa Ronggo Jaken Pati membidani Lahirnya Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di desa setempat. Melalui musyawarah yang bertempat di Masjid At-Taqwa pada Sabtu malam (8/09/2018), Dibentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dengan nama Al-Barkah Desa Ronggo.
Musyawarah yang dihadiri oleh ta’mir masjid dan musholla serta beberapa tokoh masyarakat ini berjalan hangat dan penuh antusiasme. “Zakat merupakan rukun Islam yang terkesampingkan selama ini di desa Ronggo, harapannya dengan dibentuk UPZ di desa Ronggo, akan membuka kesadaran masyarakat dan membawa manfaat bagi desa Ronggo”. tutur Sugito yang merupakan tokoh masyarakat desa Ronggo.
Salah satu program pemberdayaan KKN IPMAFA Setunggal Asri di bidang sosial keagamaan dan ekonomi masyarakat ialah membantu pembentukan UPZ. UPZ merupakan Unit Pengumpul Zakat yang dapat dibentuk secara kelembagaan oleh masjid, pemerintah desa, atau lembaga lainnya yang diresmikan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).
Sebelumnya, pada tempat yang sama tim KKN Setunggal Asri IPMAFA mengadakan sarasehan Motivasi Berzakat bersama DR Ahmad Zaenurrosyid SHI MA, Kamis (23/8/2018). Rencananya UPZ Al-Barkah desa Ronggo akan dilaunching secara resmi pada malam penutupan KKN IPMAFA 2018.



 

No comments :

Post a Comment